PENERAPAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pra-eksperimen One Group Pretest–Posttest Design dengan menggunakan satu kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan media power point. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sejumlah 30 siswa yang akan mengikuti pembelajaran materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes subjektif dengan 5 butir soal yang diberikan saat pre-test dan post-test. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji N-Gain untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas VIII yang dibuktikan dengan skor akhir N-Gain sebesar 0,69 dan berdasarkan kriteria N-Gain skor demikian tergolong tinggi.
Kata Kunci: Power Point, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Tumbuhan.