PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBASIS FENOMENA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERUBAHAN WUJUD ZAT DI SMP

  • Dita Kharisma Mustikaningrum
  • Aniek Hartiwi
  • Indrawati Indrawati

Abstract

Pendidikan adalah upaya untuk meningkatkan kualitas individu untuk mengikuti lajur perkembangan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi. Sains merupakan salah satu mata pelajaran yang mampu berperan dalam memajukan perkembangan pendidikan dalam bidang IPTEK. Materi tata surya merupakan materi yang abstrak dan cenderung menghafal. Strategi pembelajaran yang tepat digunakan dalam proses pembelajaran yang baik yaitu salah satunya memanfaatkan media pembelajaran. Media yang digunakan pada pembelajaran Tata Surya sebelumnya masih banyak kekurangan baik dalam segi penampilannya maupun ketika penerapannya. Media yang cocok digunakan dalam memvisualisasi materi yaitu media audio visual, karena media audio visual dapat berupa gambar dan suara sehingga akan semakin menarik perhatian siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini digolongkan dalam penelitian Pre-eksperimen dan desain penelitian ini mengacu pada One-Group Pretest-Posttest design. Variabel penelitian ini ada variabel bebas yaitu pembelajaran dengan menggunakan media video berbasis fenomena alam dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial analisis statistik berupa uji normalitas dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan dengan hasil analisis statistik deskriptif bahwa rata-rata hasil belajar (pretest) yaitu 21,15 dengan nilai tertinggi 45 dan nilai terendah 8 jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar (posttest) yaitu 71,35 dengan nilai tertinggi 86,5 dan nilai terendah 60,0. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media video berbasis fenomena alam dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan berbantu pengarahan guru dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pendidikan sains, Tata Surya, media video, fenomena alam

Published
2019-12-27
How to Cite
MUSTIKANINGRUM, Dita Kharisma; HARTIWI, Aniek; INDRAWATI, Indrawati. PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBASIS FENOMENA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERUBAHAN WUJUD ZAT DI SMP. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 8-13, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15107>. Date accessed: 22 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.