PENGEMBANGAN WAWASAN KEBUDAYAAN MELALUI TEKS CERITA RAKYAT “TA’BUTAAN” DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

  • Wardahtul Hidayah
  • Nuril Azizah

Abstract

Abstrak: Kebudayaan Indonesia sangatlah beragam. Salah satu jenis kebudayaan  yang dimiliki Indonesia adalah cerita rakyat. Sebagai warga negara Indonesia, tentunya bangga akan kebudayaan tersebut. Sayangnya keberagaman kebudayaan tersebut tidak sejalan dengan wawasan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakatnya. Banyak masyarakat Indonesia terutama generasi muda telah melupakan kebudayaan daerahnya sendiri. Kebudayaan merupakan identitas suatu bangsa. Maka dari itu pengembangan wawasan kebudayaan perlu ditingkatkan kembali. Dalam hal ini pendidikan memiliki peranan penting untuk kembali membentuk identitas suatu bangsa.Tujuan pembelajaran meliputi ranah kognitif, psikomotor dan afektif. Untuk mencapai aspek kognitif dalam pembelajaran dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi yang tepat yang dapat diterapkan dalam pembelajaran adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tulisan ini memuat gagasan tentang pembelajaran bahasa Indonesia berbasis model kooperatif tipe jigsaw dengan teks cerita rakyat sebagai substansi kajiannya dan wawasan kebudayaan sebagai hasilnya. Gagasan ini dipaparkan berdasarkan hasil telaah pustaka, sumber berbasis internet, wawancara dan dokumentasi yang memuat konsep dan informasi tentang kurikulum, pembelajaran bahasa indonesia, model kooperatif tipe jigsaw dan  teks cerita rakyat Ta’butaan. Pendidikan dalam hal ini berperan penting dalam meningkatkan wawasan kebudayaan yang dimiliki oleh siswa dengan menyisipkan materi-materi kebudayaan di dalamnya dan menerapkan strategi yang tepat dalam pelaksaan pembelajarannya.


 


Kata kunci: wawasan kebudayaan, teks cerita rakyat, model kooperatif tipe jigsaw.

Published
2019-07-12
How to Cite
HIDAYAH, Wardahtul; AZIZAH, Nuril. PENGEMBANGAN WAWASAN KEBUDAYAAN MELALUI TEKS CERITA RAKYAT “TA’BUTAAN” DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 263-276, july 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11976>. Date accessed: 27 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.