NILAI BUDAYA DALAM FOLKLOR LISAN DI KABUPATEN JEMBER

  • Siwi Tri Purnani

Abstract

Abstrak : Artikel ini bertujuan untuk memberikan paparan mengenai bentuk folklor lisan didaktis yang terdapat di Kabupaten Jember dan nilai budaya dalam folklor lisan tema didaktis yang terdapat di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian analisis isi karena peneliti berusaha melakukan pemeriksaan sistematis pada bahan pustaka atau buku-buku yang berkaitan dengan folklor lisan di Kabupaten Jember. Folklor lisan di Indonesia memiliki berbagai macam tema, salah satunya adalah bentuk folklor dengan memiliki muatan didaktis, yakni tema pertentangan antara kebaikan dan kejahatan yang menekankan pada nilai-nilai moral, agama, kepribadian dan sosial yang terkandung di dalam folklor, sehingga ada amanat yang terkandung di dalam setiap folklor lisan. Berdasarkan analisis isi yang telah dilakukan terhadap folklor di kabupaten Jember ditemukan berbagai macam nilai budaya yang terkandung di dalamnya, yakni nilai kepribadian, nilai religius, dan nilai sosial.


 


Kata Kunci: folklor lisan, didaktis, nilai budaya

Published
2019-07-12
How to Cite
PURNANI, Siwi Tri. NILAI BUDAYA DALAM FOLKLOR LISAN DI KABUPATEN JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 255-262, july 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11975>. Date accessed: 22 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.