SUFISME DALAM NOVEL KHIDIR KARYA WIWID PRASETYO DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

  • Siti Mutmainah

Abstract

 


Abstrak: Manusia harus memiliki nilai, moral  dan  agama untuk diimplementasikan dalam bermasyarakat. Semua nilai tersebut dapat diperoleh dari sumber yang dibaca diantaranya kitab suci, buku, retorika tokoh, bahkan dari sebuah karya sastra. Novel adalah karya sastra berupa prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Melalui novel akan didapat berbagai pesan moral termasuk pengetahuan dan nila-nilai beragama. Nilai tasawuf ini penulis temukan dalam sebuah novel yang berjudul KHIDIR karya Wiwid Prasetyo.


 


Kata kunci: nilai, sufisme, novel

Published
2019-07-12
How to Cite
MUTMAINAH, Siti. SUFISME DALAM NOVEL KHIDIR KARYA WIWID PRASETYO DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 237-254, july 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11974>. Date accessed: 22 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.