PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM BERUPA PRODUK OLAHAN DARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

  • Rheza Pratama Putra
  • Akhmad Dzukaul Fuad

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan variasi media berupa produk anyaman bambu. Penelitian ini berawal dari realitas minimnya pemenuhan kebutuhan akan kegiatan belajar mengajardan minimnya biaya oprasional untuk membiayai terselenggaranya proses belajar mengajar, pada sisi yang lain sekolah dituntut untuk mampu mengambangkan sarana dan prasarana pembelajaran melaui media demi peningkatan kualitas pembelajaran. Realitas tersebut membangkitkan daya kreasi peneliti menciptakan media dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di sekitar lingkungan sekolah ataupun tempat tinggal siswa berupa bambu. Pemanfaatan potensi sumber daya alam yang ada, diharapkan mampu membantu sekolah dalam hal pemenuhan akan sarana dan prasarana pembelajaran.Hasil dari pemanfaatan potensi sumber daya alam ini dapat diimplementasikan dalam bentuk pengembangan media pembelajaran, selain pemenuhan media tersebut dapat mengasah kreatifitas siswa dalam mengkreasikan ide dan gagasan yang ada dalam pikiran mereka tentang SDA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengambangan (R&D) ADDIE dengan 5 langkah, berupa analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil uji coba produk pada kelas terbatas menunjukkan media berbahasa dasar olahan bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan beda rerata sebesar 14% dengan ketuntasan klasikan sebesar 70%.


 


Kata kunci :pengembangan, media, minat, bambu.

Published
2019-07-12
How to Cite
PUTRA, Rheza Pratama; FUAD, Akhmad Dzukaul. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM BERUPA PRODUK OLAHAN DARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 207-218, july 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11967>. Date accessed: 22 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.