GAMBARAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT MADURADALAM NOVEL “KALOMPANG” KARYA BADRUL MUNIR CHAIR

  • Endang Sri Widayati
  • Meylinda Chandra Krisna Caronika

Abstract

Abstrak: Kearifan lokal masyarakat di pesisir pantai Madura merupakan fenomina menarik yang diceritakan  dalam  novel “Kalompang” karya Badrul Munir Chair. Salah satu bentuk kearifan lokal yang dikemukakan adalah upacara ‘Rokat tase’. Rokat di sini memiliki dua konsep, yaitu sebagai bentuk rasa syukur dan sebagai selamatan. Rokat tase’ sebagai bentuk dari rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil tangkapan ikan di laut yang melimpah selama setahun. Rrokat yang bermakna meruwat, atau selamatan karena terbebas dari gangguan makhluk halus. Melalui novel “Kalompang” tersebut, dapat dikaji secara lebih mendalam tentang karakter dan ritual kebudayaan yang dilakukan oleh masyarakat Madura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik, yang langkah-langkahnya meliputi: reduksi data, interpretasi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal yang ditemukan dalam novel “Kalompang”, adalah:1 Seseorang dalam mencari rejeki harus bekerja keras, 2. Pekerjaan akan terasa lebih ringan dan cepat selesai, harus dilakukan dengan gotong-royong. 3. Pandangan masyarakat Madura terhadap tokoh masyarakat yaitu dengan cara mendatangi kiai tersebut; dan jikatersebut merupakan tokoh agama, mereka mendatangi untuk mendapatkan nasehat, atau memberi saran. Istilah  populernya adalah nyabi’, 4. Rokat tase’ adalah peristiwa ritual yang dilakukan para nelayan sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa yang telah memberikan hasil tangkapan  ikan di laut secara melimpah selama setahun 5. Dan hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA.


     Kata Kunci: Kearifan Lokal, Masyarakat Madura, dalam Novel “Kalompang”,.

Published
2019-07-11
How to Cite
WIDAYATI, Endang Sri; CARONIKA, Meylinda Chandra Krisna. GAMBARAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT MADURADALAM NOVEL “KALOMPANG” KARYA BADRUL MUNIR CHAIR. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 143-166, july 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11933>. Date accessed: 22 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.