PENDIDIKAN LINGKUNGAN MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS
Abstract
Abstrak: Pendidikan lingkungan bertujuan mencetak generasi yang bijaksana terhadap lingkungan sekitarnya. Fenomena tentang lingkungan, baik dalam berita nasional maupun internasional tidak pernah luput dari perhatian masyarakat dan dunia. Dampak kerusakan atau bencana alam yang terjadi menyebabkan pendidikan lingkungan perlu dididikan sejak dini. Kegiatan pembelajaran terkait pendidikan lingkungan dapat dilakukan secara langsung melalui mata pelajaran berbasis Ilmu Pengetahuan Alam dan secara tidak langsung melalui pembelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran secara tidak langsung dapat dilakukan melalui teks Bahasa Indonesia, khususnya teks ragam faktual. Teks ragam faktual lebih detail dan berdasarkan kejadian nyata sehingga sesuai untuk pendidikan lingkungan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia. Peran guru juga dibutuhkan untuk pencapaian hasil optimal sebab tidak semua teks sempurna dan perlu disempurnakan. Hasil yang diharapkan melalui tulisan ini bagi guru atau pihak terkait adalah pengetahuan tentang pendidikan lingkungkan, khususnya penerapan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks.
Kata kunci: pendidikan lingkungan, Bahasa Indonesia, teks.