KAJIAN BAHASA OSING DALAM MODERENITAS

  • Andhika Wahyudiono

Abstract

Abstrak : Banyuwangi memliki  keanekaragaman wisata budaya, wisata kuliner dan wisata alam sehingga memunculkan konsep Ecotourism melalui penyediaan dan pengembangan berbagai fasilitas yang menunjang yang berbasis pada kearifan lokal yang berfokus pelestarian dan pengembangan budaya lokal. Adanya bahasa daerah menambah khasanah dalam memperkenalkan kebudayaan Banyuwangi. Kajian Bahasa Osing dalam moderenitas bermaksud memprespektifkan diri dari berbagai aspek kehidupan. Adapun moderenitas disini bermaksud menganalisis dimulai dari sejarah Bahasa Osing, Bahasa Osing sebagai simbol bahasa daerah, Bahasa Osing dalam pergaulan masyarakat, Budaya Idea, Budaya Artefak sampai dengan peran pendidikan Bahasa Osing. Hal ini bertujuan ranah dari kajian Bahasa Osing. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun dalam mengumpulkan data dalam hal ini menggunakan kajian pustaka yaitu mengumpulkan data dan informasi dari sumber leterasi terpecaya melalui kajian penelitian dan tulisan ahli. Selain itu juga data yang diolah juga diperoleh dari wawancara langsung dengan ahli budaya di Banyuwangi. Hal ini bertujuan kajian yang diperoleh lebih berfokus pada gambaran akan suatu kondisi Bahasa Osing dalam suatu moderenitas


 


Kata kunci : Bahasa Osing, Moderenitas, Suku Osing, Banyuwangi

Published
2019-07-10
How to Cite
WAHYUDIONO, Andhika. KAJIAN BAHASA OSING DALAM MODERENITAS. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 71-86, july 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11878>. Date accessed: 22 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.