PERAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk mengetahui apakah layanan Konseling Kelompok dapat meningkatkan rasa Percaya Diri siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Ambulu Jember. Penitian dilakukan terhadap masalah Rasa Percaya Diri Siswa/Peserta Didik dalam belajar di kelas rendah. Penelitian dilaksanakan dalam sistem siklus, hasil tindakan dipantau perkembangannya dengan observasi dan kuesioner, dan hasil pemantauan dievaluasi secara diskreptif.
Setelah dilakukan layanan konseling kelompok menunjukkan bahwa rasa percaya diri siswa/konseli dalam belajar dapat meningkat, peningkatannya berkisar antara 27,89 s.d 41,49. Hal ini menunjukkan bahwa layanan Konseling Kelompok dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.
Berdasarkan hasil dari analisis dan evaluasi disarankan kepada semua siswa yang yang mengalami masalah dengan percaya diri maka bisa meminta kepada konselor/guru bimbingan dan konseling untuk diberikan layanan Konseling Kelompok, sehingga masalah kurangnya rasa percaya diri yang dialami para peserta didik bisa teratasi.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Percaca Diri