PENGEMBANGAN PERMAINAN BALAP SEPEDA PADA MATERI LIMIT FUNGSI KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 1 KESAMBEN

  • Prawoto Prawoto Universitas Terbuka Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan balap sepeda pada siswa kelas XI untuk melengkapi model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk latihan soal tahap repetition atau latihan soal limit fungsi (Shoimin, 2014).


Penelitian ini menurut Endang Mulyatiningsih dalam (Wijaya, 2015) merupakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Analysis melalui pengambilan data observasi, mengidentifikasi isi/ materi pembelajar analisis kurikulum, tujuan belajar, lingkungan belajar dan strategi penyampaian dalam pembelajaran; Design merancang Powerpoint/produk di atas kertas secara rinci. Pembuatan garis besar permainan balap sepeda, langkah-langkah menjalankan produk, penyusunan kerangka (story board); Development mengembangkan perangkat produk. Membuat instrumen untuk mengukur kinerja produk untuk pengujian ahli media dan ahli materi; Implementation menggunakan permainan balap sepeda dalam pembelajaran atau lingkungan yang nyata.; Evaluation teknik pengujian kualitas dengan metode angket dengan hasil review dari para ahli, guru dan siswa di SMA Negeri 1 Kesamben untuk mengukur ketercapaian tujuan pengembangan permainan balap sepeda.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi media pembelajaran Powerpoint Permainan Balap Sepeda layak untuk digunakan, dengan total hasil penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli pengembang sebesar 87,96% (sangat baik). Selain itu, media ini juga mendapatkan penilaian dari siswa sebesar 85,23% (sangat baik).


 


Kata kunci: Auditory Intellectually Repetition, permainan balap sepeda

Published
2018-12-28
How to Cite
PRAWOTO, Prawoto. PENGEMBANGAN PERMAINAN BALAP SEPEDA PADA MATERI LIMIT FUNGSI KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 1 KESAMBEN. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 55-71, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11537>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.