FAKTOR -FAKTOR PENDUKUNG PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( STUDI PADA PELAKSANAAN PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI KELURAHAN ANTIROGO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER)

  • Ofri Somanedo Universitas Negeri Malang
  • A. T. Hendrawijaya universitas jember
  • Deditiani Tri Indrianti universitas jember

Abstract

Telah diakui bersama bahwa meratanya buta aksara di kalangan orang tua yang dianggap sebagai kelompok masyarakat yang sangat berperan di dalam masyarakat, jelas hal itu akan mempengaruhi pendapatan nasional dan kemajuan ekonomi. Harapannya dari program keaksaraan fungsional dapat berpengaruh bagi kehidupan penyandang buta aksara yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pendukung Program Keaksaraan Fungsional di Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yaitu dengan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini bahwa ada faktor - faktor pendukung keberhasilan program keaksaraan fungsional yang tertinggi terdapat pada indikator dana dengan program keaksaraan fungsional sebesar 32.2 % dan sisanya 67.8 % di pengaruhi faktor lain. Dari temuan-temuan tersebut dapat dikatakan disimpulkan yang artinya ada Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Program Keaksaraan Fungsional di Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.


 


Kata Kunci: Faktor-Faktor Pendukung, Program Keaksaraan Fungsional

Published
2018-12-28
How to Cite
SOMANEDO, Ofri; HENDRAWIJAYA, A. T.; INDRIANTI, Deditiani Tri. FAKTOR -FAKTOR PENDUKUNG PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( STUDI PADA PELAKSANAAN PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI KELURAHAN ANTIROGO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER). FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 52-54, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11535>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.