PENINGKATAN EKONOMI MELALUI PELATIHAN KETRAMPILAN HANTARAN CLUTCH BAG PADA IBU-IBU WARGA MASYARAKAT DI PAUD AL-HIDAYAH DESA TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER

  • Niswatul Imsiyah universitas jember
  • Titin Kartini universitas jember
  • Linda Fajarwati universitas jember

Abstract

Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dan kemandirian ibu-ibu warga masyarakat di PAUD AL-Hidayah Desa Tempurejo Kabupaten Jember maka perlu adanya pemberdayaan melalui pelatihan. Mengingat ibu-ibu sebagaian besar hanya sebagai ibu rumah tangga tidak mempunyai kegiatan yang dapat menunjang kebutuhan ekonomi mereka, sehingga dalam kesehariannya kegiatan rutinitas mengantar putra-putrinya sampai selesai pembelajaran tanpa ada kegiatan lain yang dilakukan. Oleh karena itu Tim Program Pengabdian Kemitraan berencana memberikan pemberdayaan kepada ibu-ibu dan masyarakat disekitar PAUD AL-Hidayah melalui pelatihan ketrampilan hantaran Clutch Bag sehingga diharapkan dengan mengikuti pelatihan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan dalam kehidupannya


Adapun kegiatan program pengabdian kemitraan (PPK) ini mempunyai tujuan dan target khusus untuk meningkatkan kemandirian pada mitra. Dalam kegiatan program pengabdian kemitraan (PPK) ini solusi yang ditawarkan adalah 1) pemberdayaan Ibu-ibu warga masyarakat di PAUD AL-Hidayah melalui pelatihan pembuatan ketrampilan hantaran Clutch Bag dengan 3 model; 2) Pemberian parenting tentang motivasi berwirausaha dan pemasaran berbasis IT sebagai tindak lanjut dari hasil produk pelatihan selanjutnya dilakukan pendampingan. Sedangkan luaran dari kegiatan PPK berupa video pelaksanaan pelatihan pembuatan ketrampilan Clutch Bag model 1,2,3 dan produk hasil pelatihan serta Publikasi ilmiah pada Prosiding ber ISBN dari seminar nasional.


Hasil dari kegiatan program pengabdian kemitraan di PAUD Al-Hidayah Desa Tempurejo Kabupaten Jember melalui pelatihan Clutch Bag Model 1,2,3 berjalan dengan lancar dan mendapat tanggapan yang positif dari sasaran mitra karena dengan mengikuti pelatihan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan.


 


Kata kunci: Peningkatan Ekonomi, Pelatihan Ketrampilan Hantaran Clutch Bag, Ibu-ibu Warga masyarakat)

Published
2018-12-28
How to Cite
IMSIYAH, Niswatul; KARTINI, Titin; FAJARWATI, Linda. PENINGKATAN EKONOMI MELALUI PELATIHAN KETRAMPILAN HANTARAN CLUTCH BAG PADA IBU-IBU WARGA MASYARAKAT DI PAUD AL-HIDAYAH DESA TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 44-51, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11534>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.