REKONSTRUKSI KARAKTER PENDIDIK GUNA MENGUATKAN FALSAFAH NEGARA DALAM ORIENTASI DUNIA PENDIDIKAN

  • Mariana Mariana Sunan Giri Institute Of Islamic Studies

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter jiwa pendidik guna menguatkan falsafah negara dalam orientasi dunia pendidikan. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Menurut Thomas Lickona, pendidikan karakter adalah pendidikan yang membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, bekerja keras, dan sebagainya. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa penguatan falsafah negara dibangun dari segala lini kehidupan, termasuk juga pendidikan. Pendidikan yang kuat akan memberikan penguatan yang kuat pada falsafah  negara. Di pendidikan inilah posisi pendidik sebagai penggerak dan pencetak penguatan falsafah negara guna menghadapi era digital signifikan dalam mencetak peserta didik yang siap dan unggul serta mampu mengahadapi era digital.Sejalan dengan Lickona, bahwa dengan pendidikan karakter yang ditanamkan pada pendidik akan memberikan imbas pendidik yang siap pada gempuran era revolusi yang berikutnya akan menyiapkan manusia yang siap dalam segala lini kehidupan.


 


Keywords: falsafah negara, pendidikan karakter, pendidik

Published
2018-12-28
How to Cite
MARIANA, Mariana. REKONSTRUKSI KARAKTER PENDIDIK GUNA MENGUATKAN FALSAFAH NEGARA DALAM ORIENTASI DUNIA PENDIDIKAN. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 35-38, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11532>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.