MENYONGSONG REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Lina Kamalin SDN 3 Pandarejo

Abstract

Revolusi Industri 4.0 membawa dampak munculnya disruption di dunia industri digital dan merambah pada segmen yang lain di antaranya layanan telekomunikasi, politik, dan pendidikan.Dampaknya, akan ada disruption di dunia pendidikan. Evaluasi yang bersifat visioner perlu segera dilakukan. Idealnya, pendidikan perlu menggandeng erat teknologi. Namun, di sisi lain pemerintah telah mengeluarkan Permendikbud No. 68 Tahun 2014 tentang Penghapusan Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Padahal, mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat menjadi alat ekslusif untuk menuju revolusi industri 4.0.


Di era revolusi industri 4.0, Teknologi Informasi bukan pelajaran ekslusif, namun bagian yang wajib diintegrasikan secara inklusif. Demikian pula pada jenjang Sekolah Dasar. Di sinilah letak disruption pendidikan. Keterampilan dan minat guru serta infrastruktur kurang memadai. Keterampilan penggunaan Teknologi Informasi oleh guru perlu selalu dilakukan untuk menumbuhkan critical thingking dan creativity peserta didik. Integrasi Teknologi Informasi yang real match mampu mengatasi kesenjangan itu.


 


Keywords: revolusi industri 4.0, integrasi teknologi informasi, pembelajaran

Published
2018-12-28
How to Cite
KAMALIN, Lina. MENYONGSONG REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 27-34, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11531>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.