Analisis Kemampuan Kognitif dan Respon Siswa Pada Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Muhammadiyah 3 Jember
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan kognitif dan respon siswa dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif quantitatif. Responden penelitian sebanyak 213 siswa kelas XII yang terdiri dari 4 kelas XII IPA dan 4 kelas XII IPS yang mempelajari konsep prakarya dan kewirausahaan pada semester ganjil 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan kognitif siswa, angket respon siswa, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan one way anova dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa kelas XII baik perbedaan signifikan maupun perbedaan yang tidak signifikan. Respon siswa terhadap pembelajaran prakarya dan kewirausahaan pada semester ganjil 2018/2019 sebesar 55% dan termasuk dalam kategori cukup positif. Dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa mengharapkan keseimbangan pembelajaran teori dan praktik, pembelajaran berbasis teknologi dan penggunaan bahan ajar berbasis potensi lokal. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa kelas XII baik IPS maupun IPA dan diperlukan upaya untuk meningkatkan respon siswa terhadap pembelajaran prakarya dan kewirausahaan.
Keywords: Kemampuan Kognitif, Respon Siswa, Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan