PENGEMBANGAN MODUL HUKUM NEWTON BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PENALARAN ILMIAH
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu sumber belajar yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran kurikulum 2013. Bahan ajar tersebut harus mampu memperhatikan keterampilan berpikir yang menjadi tuntutan pembelajaran abad 21, salah satunya adalah keterampilan bernalar. Fisika merupakan bagian dari ilmu sains yang menekankan pada penguasaan konsep, dengan penalaran ilmiah siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep dan literasi sains. Pembelajaran menggunakan pendekatan STEM Sciece, Technology, Engineering, and Mathematics telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah siswa, oleh sebab itu dikembangkan Modul Hukum Newton berbasis STEM untuk melatih keterampilan penalaran ilmiah siswa. Proses pengembangan modul ini menggunakan desain penelitian pengembangan Nieveen & Plomp yang terdiri atas tahap preliminary research, prototyping stage, assesment stage, dan systematic reflection and documentation. Sehingga dihasilkan rancangan bahan ajar berupa Modul materi Hukum Newton yang bernuansa Pendekatan STEM yang didalamnya dilatihkan keterampilan penalaran ilmiah pada siswa.
Keywords: Modul; STEM; Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning)