PENGEMBANGAN MODUL HUKUM NEWTON BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PENALARAN ILMIAH

  • Ferdy Sugianto universitas jember
  • Dewi Ria Agustin universitas jember
  • Marinda Resti Sari universitas jember

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu sumber belajar yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran kurikulum 2013. Bahan ajar tersebut harus mampu memperhatikan keterampilan berpikir yang menjadi tuntutan pembelajaran abad 21, salah satunya adalah keterampilan bernalar. Fisika merupakan bagian dari ilmu sains yang menekankan pada penguasaan konsep, dengan penalaran ilmiah siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep dan literasi sains. Pembelajaran menggunakan pendekatan STEM Sciece, Technology, Engineering, and Mathematics telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah siswa, oleh sebab itu dikembangkan Modul Hukum Newton berbasis STEM untuk melatih keterampilan penalaran ilmiah siswa. Proses pengembangan modul ini menggunakan desain penelitian pengembangan Nieveen & Plomp yang terdiri atas tahap preliminary research, prototyping stage, assesment stage, dan systematic reflection and documentation. Sehingga dihasilkan rancangan bahan ajar berupa Modul materi Hukum Newton yang bernuansa Pendekatan STEM yang didalamnya dilatihkan keterampilan penalaran ilmiah pada siswa.


 


Keywords: Modul; STEM; Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning)

Published
2018-12-28
How to Cite
SUGIANTO, Ferdy; AGUSTIN, Dewi Ria; SARI, Marinda Resti. PENGEMBANGAN MODUL HUKUM NEWTON BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PENALARAN ILMIAH. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 15-21, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11529>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.