Pengaruh Servant Leadership, Empowerment dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan Royal Hotel n'Lounge Jember

  • Retmita Tata Elsa Manora Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember
  • Purnamie Titisari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember
  • Mochammad Syaharudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember

Abstract

Organizational citizenship behavior merupakan kontribusi individu yang melebihi tuntutan peran di tempat kerja. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi organizational citizenship behavior yaitu servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan di Royal Hotel n’Lounge Jember. Sampel pada penelitian ini sebanyak 45 responden menggunakan metode yang digunakan adalah teknik sensus dimana seluruh populasi diambil sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan servant leadership sebesar 0.003, variabel empowerment signifikansinya sebesar 0.009 dan variabel komitmen organisasi signifikansinya sebesar 0.018 lebih kesil dari nilai ketetapan signifikansi sebesar 0.05. kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu bahwa servant leadership, empowerment dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior. Pemimpin perusahaan disarankan meningkatkan gaya kepemimpinan yang melayani, perusahaan memberikan tanggung jawab dan otonomi kepada karyawan dan karyawan perusahaan diharapkan mempertahankan komitmen terhadap organisasi.

Published
2021-03-31
How to Cite
MANORA, Retmita Tata Elsa; TITISARI, Purnamie; SYAHARUDIN, Mochammad. Pengaruh Servant Leadership, Empowerment dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan Royal Hotel n'Lounge Jember. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 97 - 101, mar. 2021. ISSN 2685-3523. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/15853>. Date accessed: 19 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.15853.