Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Manajemen BAZNAS dan Kesesuaian Dengan PSAK Nomor 109 (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jember)

  • Cici Wijayanti Mahasiswa
  • Ahmad Roziq Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember
  • Ririn Irmadariyani Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA) dengan teori Technology Acceptance Model (TAM) serta menilai terkait pelaporan keuangan dalam SIMBA menghasilkan informasi yang akurat dan kesesuaian dengan PSAK Nomor 109. Objek penelitian pada penelitian ini adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jember. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis penerimaan pengguna terhadap SIMBA disesuaikan dengan faktor-faktor yang dibentuk oleh Davis dan kesesuaian akuntansi zakat, infak atau sedekah dalam SIMBA dinilai dari aspek pengakuan, penyajian, dan pengungkapan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengguna SIMBA di BAZNAS Kabupaten Jember mencerminkan faktor-faktor yang dibentuk oleh Davis dengan menduga terdapat dua faktor eksternal lainnya, yaitu pengetahuan dan keterampilan. SIMBA dari aspek pengakuan, penyajian, dan pengakuan telah sesuai dengan PSAK 109, kecuali dari pengungkapan tidak dapat menambah paragraf baru.

Published
2020-04-01
How to Cite
WIJAYANTI, Cici; ROZIQ, Ahmad; IRMADARIYANI, Ririn. Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Manajemen BAZNAS dan Kesesuaian Dengan PSAK Nomor 109 (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jember). e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 42-47, apr. 2020. ISSN 2685-3523. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/15553>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.15553.