Pengaruh Pemekaran Wilayah... Pengaruh Pemekaran Wilayah Terhadap Pertumbuhan Ekonomian Daerah (Studi Kasus Tujuh Provinsi Hasil Pemekaran Wilayah Di Indonesia)

  • Wida Safitri Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember
  • Duwi Yunitasari Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember
  • Siti Komariyah Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember

Abstract

PDRB provinsi hasil pemekaran wilayah menunjukan kenaikan di setiap tahunnya namun perkembangan perekonomian  menunjukan perbedaan dan Pendapatan Daerah di Provinsi hasil pemekaran menunjukan adanya kenaikan di setiap tahunnya, namun hal ini tidak terlepas dari tingginya Dana Perimbangan yang di dapat dari pemerintah Pusat. Di Indonesia sejak tahun 1999 sampai tahun 2012 terdapat 8 Provinsi yang di mekarkan dan Provinsi Kalimantan Utara di mekarkan di 2012 akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pemekaran wilayah terhadap perekonomian di tujuh Provinsi hasil pemekaran di Indonesia dalam kurun waktu 2008 sampai dengan 2017. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder terdiri dari runtut waktu 2008 sampai tahun 2017 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Nasional. Analisis yang digunakan adalah Indeks Diversitas Entropi PDRB,Indeks Diversitas Entropi Pendapatan Daerah, dan Tipologi Klassen. Dari IDE PDRB terdapat 5 Provinsi yang mengalami perkembangan dan 2 yang belum mengalami perkembangan, Hasil nilai IDE Pendapatan Daerah terdapat 1 Dearah dengan kapasitas fiskal yang tinggi dan 6 lainnya belum mengalami perekembangan. Hasil dari tipologi Klassen terdapat 2 provinsi dengan kategori maju dan tumbuh cepat 4 Provinsi sedang berkembang dan 1 Provinsi relatif tertinggal.

Published
2020-04-01
How to Cite
SAFITRI, Wida; YUNITASARI, Duwi; KOMARIYAH, Siti. Pengaruh Pemekaran Wilayah... Pengaruh Pemekaran Wilayah Terhadap Pertumbuhan Ekonomian Daerah (Studi Kasus Tujuh Provinsi Hasil Pemekaran Wilayah Di Indonesia). e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 54-58, apr. 2020. ISSN 2685-3523. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/12950>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.12950.