PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

  • - Sukma Universitas Mulawarman
  • Laili Komariyah Universitas Mulawarman
  • Muliati Syam Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan sampel kelas X-A sebanyak 36 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif pre-eksperimental dengan metode one-group pretest-postest design. Data dianalisis dengan analisis regresi ganda dan pengujian signifikansi dengan menggunakan uji F. Hasil penelitian diperoleh bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa sebesar 20 % dengan Fhitung =  8.56 dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 85,05. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 23, 48 % dengan Fhitung = 10, 39 dan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 81,69. Sedangkan untuk pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa adalah 37, 21 % dengan  Fhitung =  9,75. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel maka Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan motivasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2014/2015.
How to Cite
SUKMA, -; KOMARIYAH, Laili; SYAM, Muliati. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Saintifika, [S.l.], v. 18, n. 1, sep. 2016. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/3185>. Date accessed: 27 dec. 2024.
Section
Articles