KAJIAN SEMIOTIKA CERPEN “MALAM MASIH PANJANG, DAN KALIAN AKAN MERASA LAPAR” KARYA MASDHAR ZAINAL

  • Ameylia Vanissa Pungky Universitas Negeri Yogyakarta
  • Maman Suryaman Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Artikel ini bertujuan mendiskusikan makna di balik tanda yang ada dalam karya sastra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Objek material berupa cerpen “Malam Masih Panjang, dan Kalian akan Merasa Lapar” karya Masdhar Zainal, sedangkan objek formal berupa teori semiotika Charles Sanders Peirce, khususnya tentang ikon, indeks, dan simbol. Hasil penelitian menunjukkan adanya ikon malam, makanan, dan induk burung, indeks berupa potongan kisah yang dialami tokoh cerita (ayah, ibu, dan empat orang anak), dan simbol warung serta simbol peternak bebek. Rangkaian tanda-tanda berupa ikon, indeks, dan simbol tersebut dapat ditafsirkan sebagai ungkapan keprihatinan pengarang terhadap fenomena kemiskinan dalam masyarakat. Keutuhan cerita berdasarkan tanda semiotis berupa teks dan konteks, dapat dimaknai sebagai pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang, yakni masih adanya kemiskinan yang perlu diatasi oleh berbagai pihak terkait, terutama oleh negara.

References

Ahyar, J. 2019. Apa Itu Sastra? Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimana Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish.
Al Fikry, M.F., Mustamar, S., & Pudjirahardjo, C. 2019. “Mantra Petapa Alas Purwo: Kajian Semiotika Riffaterre,” Semiotika, 20 (2):108—119. https://doi.org/10.19184/semiotika.v20i2.11423.
Amalia, F., & Firmonasari, A. 2022. “Mitos dan Mistis Pawang Hujan dalam Meme MotoGP 2022,” Semiotika, 16 (2):96—102. http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v16i2.3541.
Mu’arrof, A.Q. 2019. “Representasi Masyarakat Pesisir: Analisis Semiotika dalam Novel Gadis Pesisir Karya Nunuk Y.Kusmiana” Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) di Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Nathaniel, A. & Sannie, A.W. 2018. “Analisis Semiotika Makna Kesendirian pada Lirik Lagu “Ruang Sendiri” Karya Tulus,” Semiotika, 19 (2): 107—117. https://doi.org/10.19184/semiotika.v19i2.10447.
Ratna, N. K. 2008. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santosa, P. 2021. Ancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra. Bandung: Angkasa.
Sayuti, S.A. 2017. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Sumaryanto. 2019. Karya Sastra Bentuk Prosa. Semarang: Mutiara Aksara.
Vindriana, N. D., Mustamar, S., Mariati, S. 2018. “Politik Kebudayaan dalam Novel Sinden Karya Purwadmadi Admadipurwa: Kajian Semiotika Roland Barthes”. Semiotika, 19(2):76—99. https://doi.org/10.19184/semiotika.v19i2.10463.
Wibowo, E. 2017. “Makna Semiotik dalam Novel Anomie Karya Rilda A. Oe Taneko”. Jentera: Jurnal Kajian Sastra,6 (2):129—141. https://doi.org/10.26499/jentera.v6i2.472.
Wibowo, I.S.W. 2013. Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis bagi Penelitian Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Wulandari, S. & Siregar, E.D. 2020. “Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks, dan Simbol) dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Masdhar Zainal”. Jurnal Ilmu Humaniora, 04 (1): 29—41. https://doi.org/10.22437/titian.v4i1.9554.
Zainal, M. 2020. “Malam Masih Panjang , dan Kalian Akan Merasa Lapar” https://ruangsastra.com/category/mashdar-zainal/, diakses 15 November 2021.
Published
2024-03-22
How to Cite
PUNGKY, Ameylia Vanissa; SURYAMAN, Maman. KAJIAN SEMIOTIKA CERPEN “MALAM MASIH PANJANG, DAN KALIAN AKAN MERASA LAPAR” KARYA MASDHAR ZAINAL. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik, [S.l.], v. 25, n. 1, p. 187-196, mar. 2024. ISSN 2599-3429. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA/article/view/28318>. Date accessed: 27 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/semiotika.v25i1.28318.