Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media WebGIS Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA/MA

  • Ully Amalia Tobing Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Yushardi Yushardi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Era Iswara Pangastuti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Bejo Apriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Pendidikan merupakan tahapan yang sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup manusia guna mengembangkan potensi diri. Penggunaan model pembelajaran pemilihan media pembelajaran yang cocok sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Metode pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik dan kurangnya media pembelajaran menyebabkan penurunan keaktifan peserta didik dalam berpartisipasi secara langsung dan kurang memahami materi pembelajaran secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media WebGIS ESDM One Map Indonesia terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode quasi experimental dengan desain post-test only control group design. Hasil penelitian menyatakan bahwasanya nilai post-test yang dilakukan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji Independent T-Test kemampuan berpikir spasial mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) dengan angka 0,000 membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media WebGIS ESDM One Map Indonesia terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA/MA.

References

Astutik, S., Susantini, Ei., Madlazim, Nur, M., & Supeno. (2020). The Effectiveness of Collaborative Creativity Learning Models (CCL) on Secondary Schools Scieintific Creativity Skills. International Journal of Instruction, 13(3), 525–238.

Apriyanto, B., Nurdin, E., Ikhsan, F., & Kurnianto, F. (2017). Application Of Discovery Learning To Increase Activity And Student Learning Results In Understanding The Life Environment In Smp Negeri 2 Sukodono. Geosfera Indonesia, 1(1), 29-34.

Baskara, M., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M., & Susiati, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 236-247.
Fadlan, M. S. (2023). Pengembangan media pembelajaran digital geografi berbasis webgis pada materi sebaran flora fauna di Indonesia dan dunia. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 8(1), 43-57.

Fadly, A. A., Purwanto, P., Masruroh, H., & Sumarmi, S. (2022). Pengaruh penggunaan webGIS (web based Geographic Information System) terhadap hasil belajar Geografi dan keterampilan Geografi secara berkelanjutan. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(2), 128-142.

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283-290.

Isnaini, N., Sugandi, D., & Yani, Y. (2023). Meta Analisis: Model Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Di Indonesia. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(2), 275-287.

Kurniawan, A., Yushardi, Y., Susiati, A., Kurnianto, F., & Pangastuti, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 186-200.

Laeni, S., Zulkarnaen, & Efwinda, S. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 13 Samarinda Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika 3(2), 105-115.

Pangastuti, E. I., Pargito, P., & Nugraheni, I. L. Perbandingan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Model Kooperatif (Doctoral dissertation, Lampung University).

Putra, & Exsa. (2022). Efektifitas Metode Outdoor Study Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spasial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 7(3), 165-177.

Syafitri, F., Munandar, A., & Handawati, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Persebaran Wilayah Rawan Bencana Alam Di Indonesia Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(2), 288-302.

Syaviar, F. A., & Purwanto, Y. A. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Berbantuan Citra Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial. Jurnal Swarnabhumi, 5(2).

Zakiy, W. W., Handoyo, B., & Hartono, R. (2022). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik XII MAN 1 Trenggalek. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S) 2(3), 250-258.
Published
2024-06-30
How to Cite
TOBING, Ully Amalia et al. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media WebGIS Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA/MA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 123-132, june 2024. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/48774>. Date accessed: 25 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i1.48774.
Section
Articles