Pengembangan e-LKPD Geografi Berbasis Design Canva Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Siswa SMA
Abstract
Perkembangan pendidikan terus berjalan beriringan dengan berkembangnya teknologi. Pada abad 21 ini pembelajaran didorong untuk melakukan inovasi pembelajaran teknologi dan digital. Pemanfaatan teknologi menjadi peluang besar bagi tenaga pendidik untuk mengembangan bahan ajar digital yang mampu meningkatkan rasa ingin tahu siswa terhadap hal-hal baru. Pembuatan e-LKPD menjadi salah satu jawaban yang tepat sebagai pengembangan bahan ajar digital yang ringkas dan menarik. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon siswa terhadap pengembangan e-LKPD geografi berbasis design canva sebagai sumber belajar pada materi pengetahuan dasar pemetaan siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (four-D). Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu X IPS 3 sebagai uji coba kelompok kecil dan X IPS 2 sebagai uji coba kelompok besar di MAN 1 Jember. Penelitian pengembangan ini menghasilkan nilai rata-rata validasi ahli materi 97,5% dengan kategori sangat valid, nilai rata-rata validasi ahli media 97,5% dengan kategori sangat valid, dan ahli praktisi pembelajaran memberikan nilai rata-rata 88,75% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba respon siswa kelompok kecil memperoleh nilai 90,16% dengan kategori sangat baik, uji coba respon siswa kelompok besar memperoleh nilai 88,42% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian, e-LKPD geografi valid dan cocok digunakan dalam pembelajaran.
References
Apriyanto, B., Mujib, M. A., Noviantoro, K. M., Asmi, N. A. T., Imanjaya, A. D., & Wati, S. E. R. (2023). Pemahaman Identifikasi Penggunaan Lahan (Landuse) Berbasis Media Geospasial “Google Earth” Untuk Penguatan Literasi Spasial Siswa SMA. KIAT Journal of Community Development, 2(2), 79-88.
Astutik, S., & Lesmono, A. D. (2020). Pre-service science teachers’ understanding of scientific method for studying local environmental issues. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 485, No. 1, p. 012033). IOP Publishing.
Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infogrfis. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27-41.
Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1).
Irwanita Dea, D., Nefilinda, N., & Putri, R. E. Pengembangan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. EL-JUGHRAFIYAH, 3(1), 1-13.
Pangastuti, E. I., Nurdin, E. A., & Kurnianto, F. A. (2022). Application of Project-Based Learning in Developing Environmental-Based Spatial Thinking Skills. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 4, pp. 19-25).
Safitri, F., Ap, A. R., & Tumober, R. T. (2021). Peningkatan Kemampuan Spasial Geografi Melalui Pelatihan Seni Kartografi Pada Siswa SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3045-3055.
Susiati, A., Utaya, S., & Susilo, S. KAJIAN PENDEKATAN SAINTIFIK BUKU SISWA GEOGRAFI SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013.
Uba, I. L., Pamungkas, B. T. T., & Sukmawati, S. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Digital Dengan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Di Sman 5 Kupang. Jurnal Geografi, 18(2), 153-170.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
Vonna, A. M., Saputra, N. N., & Saleh, H. (2022, September). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E–LKPD) Berbantuan Liveworksheet. In Seminar & Conference Proceedings of UMT (pp. 149-157
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.