Pengaruh Media Lumio By Smart Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA/MA
Abstract
Pembelajaran geografi merupakan pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan dari bahan ajar dan media yang digunakan. Minimnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran geografi dapat mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar, media pembelajaran yang umumnya dipakai adalah presentasi PowerPoint yang cenderung kurangnya interakstivitas sehingga berpengaruh pada penurunan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni mengkaji dampak dari penggunaan media Lumio by Smart terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di tingkat SMA. Metode penelitian yang diterapkan yaitu eksperimen semu memanfaatkan desain post-test only control grup design. Hasil penelitian menujukkan nilai post-test pada kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil yang didapatkan bahwasannya ditemukan adanya pengaruh signifikan dalam penggunaan media Lumio By Smart terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran geografi, hasil menunjukkan nilai Independent Sample T-test atau nilai Sig (2-tailed) pada kelas eksperimen < 0,05.
References
Hasnah, N. (2023). Pengembangan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Geografi. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3).
Inanta, R., Zulhaji, Z., & Indrayani, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod Pada Peserta Dididk SMPK Penabur Kelapa gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418-424.
Kurniawan, A., Kurnianto, F. A., Yushardi, Y., Susiati, A., & Pangastuti, E. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 186-200.
Meneses, B. W. A., Navia Mendez, N. R., Pabon Muñoz, C. A., & Papamija Muñoz, M. Y. (2022). Uso De La Herramienta Smart Learning Suite Para El Fortalecimiento De Las Competencias Operacionales Básicas De Las Matemáticas Para Estudiantes Del Grado Quinto De La Institución Educativa La Herradura, Sede Garbanzal Municipio De Almaguer–Cauca (Doctoral Dissertation, Universidad De Cartagena).
Osipova, E., & Bagrova, Y. Y. (2022). Lumio by Smart in Distance Learning: a Case of EFL Vocabulary Learning. Russian Linguistic Bulletin, (5 (33)), 7.
Putri, T. C., Sugiarti, Y., & Suryadi, G. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edufortech, 6(2).
Rahayu, W. F. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Berbantuan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.
Safrina, D. (2019). Keterampilan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa DenganMenggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTSN 3 Bireuen (Doctoral dissertation, UIN Ar- Raniry).
Salsabilla, A. D., Astutik, S., Nurdin, E. A., Kurnianto, F. A., & Mujib, M. A. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Geografi SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 157-165.
Sintya, W. K., Purwanto, A., & Sakti, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal kumparan fisika, 1(3 Desember), 7-12.
Wahyuningrat, L. P., Yushardi, Y., Nurdin, E. A., Astutik, S., & Mujib, M. A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kotak Kartu Misterius Digital (E-KOKAMI) Flashcard Quizlet Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 114-131.
Warid, T. H., Yushardi, Y., Mujib, M. A., Astutik, S., & Apriyanto, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 175-185.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.