Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android “SIG ASIK” Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA

  • Tafarrosa Aqda Miena Asyafin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Era Iswara Pangastuti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Ana Susiati Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia

Abstract

Pada dasarnya pembelajaran geografi tidak hanya berisikan materi tetapi juga harus mengamati, mengobservasi, menciptakan, menerapkan serta berargumentasi dengan hasil karya yang diciptakan. Pemanfaatan media pembelajaran berupa aplikasi dapat membantu guru sebagai seorang fasilitator nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis Android “SIG ASIK” terhadap kemampuan berargumentasi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dirancang dengan posttest only control group design. Hasil post-test kemampuan berargumentasi data yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan rata-rata 69,57 dan pada kelas kontrol dengan rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 61,42. Berdasarkan data tersebut, nilai rata-rata kemampuan berargumentasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Data hasil uji T-tes berdasarkan hasil post-test kemampuan berargumentasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,033. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test tersebut menunjukan angka 0,033 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat diketahui ada pengaruh signifikan antara media pembelajaran berbasis android “SIG ASIK” terhadap kemampuan berargumentasi siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol.

References

Astutik, S., dan A. F. Albab. 2021. Penerapan Pendekatan Accelerated Learning dengan Metode Whole Brain Teaching dalam Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-7.
Astutik, S., Subiki.,& Bektiarso, S. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1): 54-62.

Hardini, S. D., & Alberida, H. (2022). Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 17(1).

Kurnianto, F. A., Apriyanto, B., Nurdin, E. A., & Ikhsan, F. A. (2017). Level of Knowledge of Senior High School Students to North Coastal of Java Conservation. Geosfera Indonesia, 1(1), 22-28.

Morawski, M., & Budke, A. (2019). How digital and oral peer feedback improves high school students’ written argumentation—A case study exploring the effectiveness of peer feedback in geography. Education Sciences, 9(3), 178.

Nuriyanto, M. Z., Astutik, S., & Nurdin, E. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 5(2), 144-155

Pangastuti, E. I., Nurdin, E. A., & Kurnianto, F. A. Application of Project-Based Learning in Developing Environmental-Based Spatial Thinking Skills. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 4, pp. 19-25).

Pitorini, D. E., Suciati, S., & Ariyanto, J. (2020). Kemampuan argumentasi siswa: Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri terbimbing dipadu dialog Socrates. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 26-38.

Riyan, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran teks eksposisi. Diksi, 29(2), 205-216.

Seran, E. Y., & Mardawani, M. P. (2021). Konsep Dasar IPS. Deepublish.

Susiati, A., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). Kajian Pendekatan Saintifik Buku Siswa Geografi SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1505-1511.
Toulmin. 2003. An Introduction to Reasoning. New York: Macmillan Publishing.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01),61-78.
Published
2024-06-30
How to Cite
ASYAFIN, Tafarrosa Aqda Miena et al. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android “SIG ASIK” Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 104-113, june 2024. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/47149>. Date accessed: 25 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i1.47149.
Section
Articles