Pemetaan Tingkat Kerawanan Jalan Rusak Berdasarkan Struktur Tanah dan Jenis Kendaraan yang Melintas pada Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan

  • Fahrizal Novan Pahlevy Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Era Iswara Pangastuti Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Ana Susiati Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kerawanan jalan rusak berdasarkan struktur tanah dan kendaraan yang melintas. Metode survei dan pengamatan digunakan dalam pengambilan data primer berupa sampel tanah dan kendaraan pada jalan di Kecamatan Sukorejo. Sampel tanah diambil secara purposive random sampling dengan 22 titik sampel berdasarkan jalur mobilisasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan kerawanan jalan rusak dan dampaknya terhadap kendaraan. Hasil menunjukkan persebaran potensi kerusakan jalan dengan kerawanan sangat tinggi berada pada Jl. Raya Sukorejo bagian utara dan Jl. Raya Surabaya-Malang dan kerawanan tinggi berada pada Jl. Desa Sekarjalak, Jl. Raya Sukorejo bagian selatan dan ruas Jl. Raya Sukorejo.

References

Astuti, Y. M. R., J. J. Messakh, dan Asrial. 2021. Analisis sifat fisis tanah di Jalan Gor Flobamora Kota Kupang. BATAKARANG. 2(2): 21-25.

Dewo, N. D. S. P., N. E. Hafizah, M. C. A. Theresia, dan M. Firdausi. 2022. Analisis Pengaruh Kerusakan Jalan Terhadap Laju Kendaraan (Studi Kasus Ruas Jalan Raya Tanjungsari–Raya Tambak Mayor, Kota Surabaya). In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan. Oktober 2022. ITATS Press: 1-11.

Hadijah, I., dan D. N. S. Putra. 2017. Analisa kerusakan perkerasan jalan ditinjau dari daya dukung tanah dan volume lalu lintas (Studi kasus: Ruas Jalan Metro–Tanjung Kari di Kecamatan Sekampung Lampung Timur STA 10+ 600 s/d 11+ 600). TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil. 7(1): 64-69.

Handayasari, I., dan R. D. Cahyani. 2016. Pengaruh beban berlebih terhadap umur rencana perkerasan jalan (Studi kasus ruas Jalan Soekarno Hatta Palembang). Kilat. 5(1): 25-32.

Istianto, B. 2019. Transportasi Jalan di Indonesia Sejarah dan Perkembangannya. Edisi Pertama. Depok: Melvana.

Jagad, S. T. S., A. T. Mulyono, W. Santosa, dan Sunjoto. 2020. Penyebab badan jalan nasional ambles di Provinsi Jawa Barat. Jurnal HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia). 6(2): 151-164.

Jaya, E. S., dan N. Najid. 2021. Analisis kapasitas dan kinerja lalu lintas di jalan HR Rasuna Said Jakarta. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil. 4(2): 383-396.

Kurniasari, E., dan D. A. Pramesty. 2019. The effect of vehicles intensity in Sumbersari Jember Regency. Geosfera Indonesia. 3(3): 50-58.

Meisnnehr, D., H. Putra, T. Aleksandria, M. A. Kandyas, F. A. S. Lubis, F. Raihani, N. Chairunnisa, G. R. Ganda, S. Larasaty, dan R. Amelia. 2020. Evaluasi dan pemetaan tingkat kerusakan jalan di Kelurahan Kadumerak, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM). 2(4): 555-563.


Mina, E., R. I. Kusuma, W. Fathonah, dan H. Wibowo. 2021. Pengaruh penambahan arang tempurung kelapa sebagai bahan stabilisasi tanah dasar terhadap nilai kuat tekan bebas (Studi kasus di Jalan Raya Kubang Laban, Desa Trate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten). Fondasi: Jurnal Teknik Sipil. 10(1): 58-68.

Nahak, P. R., Y. Cahyo, dan S. Winarto. 2019. Studi perencanaan tebal perkerasan konstruksi jalan raya pada ruas Jalan Umasukaer di Kabupaten Malaka. Jurmateks 2(1): 75-85.

Pandapotan, I. A., D. Siahaan, dan C. Fatichah. 2020. Pengembangan modul pengolah data citra untuk aplikasi pemetaan kerusakan jalan. Jurnal Teknik ITS. 8(2): 121-126.

Pinem, A. P. R. 2018. Web-based mapping untuk pemetaan lokasi kerusakan jalan raya menggunakan Cluster marker. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer). 7(2): 93-97.

Rahman, A. W., S. Astutik, E. I. Pangastuti, F. A. Kurnianto, dan M. A. Mujib. 2023. Analisis tingkat kemacetan lalu lintas di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI. 6(1): 141-147.

Rompas, M. L. T., F. J. Manoppo, dan J. H. Ticoh. 2020. Ijuk untuk mengendalikan tanah berpotensi likuifaksi pada struktur gedung bangunan akibat gempa. Jurnal Sipil Statik. 8(3): 299-310.

Santosa, Y. B. P., dan F. Hidayat. 2019. Peranan Jalan Margonda dalam perkembangan Kota Depok 1999-sekarang. Tsaqofah 17(2): 123-128.

Septiyana, M., dan A. A. Sigit. 2021. Analisis Tingkat Potensi Kerusakan Jalan Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis di Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Skripsi. Surakarta: Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Utary, C., D. W. D. Riwu, dan A. Pratiwi. 2019. Identifikasi ketersediaan perlengkapan jalan raya. Musamus Journal of Civil Engineering 2(1): 34-38.

Wijaya, S., dan A. Prasetyo. 2021. Pengaruh jumlah kendaraan terhadap tingkat kerusakan jalan di ruas Jalan Tembesi-Sarolangun. Jurnal KOMPOSITS. 2(1): 46-52.

Zunaidi, I. R., T. Afirianto, dan K. C. Brata. 2020. Sistem pemetaan geografis jalan rusak berbasis Mobile menggunakan Location based service studi kasus Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 3(10): 10216-10224
Published
2024-06-30
How to Cite
PAHLEVY, Fahrizal Novan et al. Pemetaan Tingkat Kerawanan Jalan Rusak Berdasarkan Struktur Tanah dan Jenis Kendaraan yang Melintas pada Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 133-145, june 2024. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/47144>. Date accessed: 25 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i1.47144.
Section
Articles