Pengembangan E-LKPD Berbasis Website Wizer.Me Pada Sub Materi Keragaman Flora dan Fauna Indonesia Siswa SMA
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan inovasi serta metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran interaktif E-LKPD berbasis Website Wizer.me. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kegiatan observasi serta lembar angket respon siswa untuk menilai kevalidan media yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan berupa lembar validitas dan lembar angket respon siswa untuk menilai kevalidan media yang akan dikembangkan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai: 1) Penilaian validitas media sebesar 98% dengan tingkat ketercapaian 81,00 < Valpro ≤ 100 dan tingkat kevalidan “Sangat Valid” serta masuk kedalam kategori “Dapat Digunakan Tanpa Revisi” dan 2) Penilaian respon siswa sebesar 97% dengan tingkat ketercapaian 81,00 – 100 dan hasil angket respon siswa “Sangat Setuju”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif E-LKPD Website Wizer.me layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi geografi yaitu keragaman flora dan fauna Indonesia.
References
Atika, P. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM Model Multi Representasi Pada Materi Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan Dan Hewan Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Peserta Didik SMP (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung).
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.
Lailiah, I., Wardani, S., Sudarmin, S., & Sutanto, E. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792-2801.
Lestari, A. W., Astutik, S., & Apriyanto, B. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kebudayaan Pandalungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Geografi di SMA. Edu Geography, 11(3), 35-46.
Masyhud. M. Sulthon. (2021). Metode Penelitian Pendidikan, Penuntun Teori dan Praktik Peneliian Bagi Calon Guru, Guru, dan Praktisi Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.
Nuriyanto, M. Z., Astutik, S., & Nurdin, E. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 5(2), 144-155.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar Di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.
Safitri, O. N. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer. me Pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar, 10(1), 86-97.
Sarinastiti, R., & Wibowo, Y. A. (2021). Analisis Isi Buku Teks Geografi Kelas XI SMA Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbitan Mediatama Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(1), 48-60.
Sulastri, I., Sugiarti, P., Mahardika, N., & Sudrajat, Y. (2023). Analisis Hasil Belajar Dalam Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Dengan Aplikasi Wizer. Me Pada Materi Interaksi Sosial. SINAU: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(01), 57-62.
Wicaksana, F., Astutik, S., Mujib, M. A., Kurnianto, F. A., & Pangastuti, E. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 201-207.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A sourcebook.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.