Pengembangan E-LKPD Berbasis WebGIS Inarisk Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Bencana Banjir Materi Mitigasi Bencana Siswa SMA/MA
Abstract
Berkembangnya bahan ajar berdasarkan teknologi akan lebih mempermudah siswa dalam memperoleh pengetahuan, sehingga semakin dikembangkannya LKPD menjadi pengembangan LKPD Elektronik (E-LKPD) sebagai upaya untuk menciptkan proses pembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui validitas dan respon siswa terhadap Pengembangan E-LKPD berbasis WebGIS Inarisk menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada bencana banjir materi mitigasi bencana siswa SMA/MA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran E-LKPD dengan model pengembangan ADDIE. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember yang berjumlah 35 siswa. Hasil validasi dari 3 validator yakni ahli media memberikan skor sebesar 100%, ahli materi memberikan skor 95%, ahli praktisi pembelajaran geografi memberikan skor 85% yang tergolong kategori sangat valid. Hasil uji coba respon siswa kelompok kecil memperoleh nilai 82,25% dan kelompok besar memperoleh nilai 81,5% yang tergolong sangat baik. Berdasarkan penilaian validator dan respon siswa didapatkan E-LKPD yang dikembangkan valid untuk diuji cobakan dan mendapatkan respon yang sangat baik.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Alat Pirolisis Sampah Plastik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan di SMP Musi Rawas. Jurnal Thabiea, 2(2): 95-104.Effendi, R., Herpratiwi, & Sugeng, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920– 929.
Astutik, S., Subiki.,& Bektiarso, S. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1): 54-62.
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., Ariawan, I. P. W., Mahendra, I. W. E., & Sugiharni, G. A. D. (2019). The Design of Digital Book Content for Assessment and Evaluation Courses by Adopting Superitem Concept Based on Kvisoft Flipbook Maker in era of Industry 4.0. Journal of Physics: Conference Series, 1165(1), 0–6.
Daryanto, D., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hidayatin, S., Verawati, N. N. S. P., Susilawati, S., & Syahrial, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Materi Momentum dan Impuls Kelas X. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 663-671.
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826.
Nuriyanto, M. Z., Astutik, S., & Nurdin, E. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 5(2), 144-155
Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-Lkpd Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264-279.
Ramadhani, T. S., Aulia, T. K., & Anggraeni, V. (2022). Analisis Bencana Angin Puting Beliung Kabupaten Pangandaran Menggunakan Webgis. In Indonesian Conference of Maritime (Vol. 1, No. 1, pp. 275-284).
Satryanti, C. S., Destrinelli, D., & Pamela, I. S. (2022). Desain e-LKPD Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Smart Apps Creator pada Pembelajaran IPA Materi Panas dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11137-11146.
Wicaksana, F., Astutik, S., Mujib, M. A., Kurnianto, F. A., & Pangastuti, E. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(2), 201-207.
Widianingrum, N., & Ducha, N. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 311-320.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.