Pengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA

  • Mohamad Ryan Ajie Baskara Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Bejo Apriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Muhammad Asyroful Mujib Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Ana Susiati Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar geografi siswa di SMA. Metode quasi-experiment Post-test only control design diterapkan di SMAN 1 Bondowoso, dengan populasi siswa kelas X dan sampel diambil melalui uji homogenitas one-way ANOVA. Kelas eksperimen (X4) menerima ReQOL, sementara kelas kontrol (X5) menggunakan pembelajaran konvensional. Analisis data menggunakan Uji Independent T-test atau Mann-Whitney bergantung pada normalitas distribusi data. Hasil menunjukkan signifikansi (Sig. <0.05) ReQOL terhadap kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar siswa, dengan keunggulan ReQOL pada sebagian besar indikator kemampuan berpikir spasial menurut hasil post-test.

References

Alhidayah, Y. 2022. Pengaruh Model Spatial Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA/MA. Skripsi. Jember: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Aliman, M., Budijanto, Sumarmi, I. K. Astina, R. E. Putri, dan M. Arif. 2019. The effect of earthcomm learning model and spatial thinking ability on geography learning outcomes. Journal of Baltic Science Education. 18(3):323–334.

Anugrahini, M. F. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Berbasis Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Skripsi. Jember: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Astutik, S., I. K. Mahardika, Supeno, Indrawati, dan F. Sugianto. 2020. Development of Reqol (Real Quest Outdoor Learning) Learning Model to Improve Critical Thinking Skills (Criticall Thinking Skill) in Physics Education. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. 485(1). June 2, 2020. Institute of Physics Publishing: 1–8.

Gersmehl, P. J. dan C. A. Gersmehl. 2007. Spatial thinking by young children: neurologic evidence for early development and “educability”. Journal of Geography. 106(5):181–191.

Kurnianto, F. A., M. R. A. Baskara, A. F. Alfani, Febrian, dan N. Lestari. 2019. An overview of landscapes and stratigraphy in tertiary and quaternary volcanic regions of east java indonesia. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH. 8(7):165–170.

Kurniawan, A. D. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Jember: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Meadows, M. E. 2020. Geography education for sustainable development. Geography and Sustainability. 1(1):88–92.

Ndoi, M. E. R., I. B. M. Astawa, dan P. I. Christiawan. 2022. Efektivitas strategi pembelajaran geografi pada masa pandemi covid-19 di kota bontang. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha. 10(1):43–53.

Panula, E. Y., E. Jeronen, dan P. Lemmetty. 2020. Teaching and learning methods in geography promoting sustainability. Education Sciences. 10(1)

Prince, H. E. 2019. Changes in outdoor learning in primary schools in england, 1995 and 2017: lessons for good practice. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning. 19(4):329–342.

Pusvitasari, F., I. Wayan Distrik, dan Viyanti. 2023. Pengaruh model reqol (real quest outdoor learning) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa sma. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya. 6(2):18–24.

Putra, R. A., A. Yani, dan L. Somantri. 2019. Relation between spatial ability and critical thinking in geography education: a survey on student of senior high school. ISETH: International Summit on Science Technology and Humanity. 740–748.

Santoso, A., M. A. Mujib, dan S. Astutik. 2022. Pengaruh media pembelajaran google earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa sma. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan GeografI. 6(2):152–162.

Savitri, O. dan S. F. Meilana. 2022. Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap pemahaman konsep ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 6(4):7242–7249.
Published
2024-01-20
How to Cite
BASKARA, Mohamad Ryan Ajie et al. Pengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 236-247, jan. 2024. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/44291>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i2.44291.
Section
Articles