Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA

  • Adi Kurniawan Program Studi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37,Jember 68121,Indonesia
  • Yushardi Yushardi Program Studi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37,Jember 68121,Indonesia
  • Ana Susiati Program Studi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37,Jember 68121,Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37,Jember 68121,Indonesia
  • Era Iswara Pangastuti Program Studi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37,Jember 68121,Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation berbantuan media Google Earth terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Jember dengan fokus pada materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation dengan bantuan Google Earth memiliki dampak positif, terlihat dari nilai rata-rata post-test pada kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi di kelas eksperimen (79) dibandingkan dengan kelas kontrol (73). Selain itu, rata-rata nilai post-test pada hasil belajar siswa juga menunjukkan perbedaan signifikan, yaitu 78 di kelas eksperimen dan 67 di kelas kontrol. Hasil signifikansi kemampuan berpikir kritis siswa adalah 0,013 untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan hasil belajar memiliki signifikansi 0,003 di kedua kelas. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation dengan dukungan media Google Earth secara signifikan mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi siswa SMA.

References

Agustina, M., Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(6); 100 - 110.

Agustriana, A., Ningrum, E., & Somantri, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dukupuntang). Analogi Pendidikan Geografi. Analogi Pendidikan Geografi, 2015, 3(1); 1 – 16.

Aksa, F. I., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Geografi dalam perspektif filsafat ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1); 37-43.

Aliman, M. (2016). Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Spatial Thinking. In Prosiding Seminar Nasional Geografi, 1(5); 58-68.

Anderson, J. (2013). Active learning through student film: a case study of cultural geography. Journal of Geography in Higher Education, 37(3); 385-398.

Aprilia, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi Pada Materi Ekosistem di kelas VII semester II MTSN 1 Model Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. EduSains, 3(2); 141 – 148.

Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2); 229-244.

Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2); 242-251.

Astuti, M. S. (2015). Peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Slungkep 03 menggunakan model Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1); 10-23.

Astutik, S., Dianty, A. P., & Supeno, S. (2020). Kemampuan Decision Making Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(1); 1-10.

Astutik, S., Hofifah, Z., & Bektiarso, S (2015). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick Disertai Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mapel IPA Fisika Di MTS N Bangsalsari Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1); 59 – 63.

Astutik, S., Rahayu, T. M., & Prihandono, T. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Observasi Gejala Fisis Pada Pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1); 56-62.

Astutik, S., Suryadana, B. A., & Suprihati, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Disertai Media Kartu Masalah Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3); 268-271.

Ayuni, F. N. (2015). Pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran geografi. Jurnal Geografi Gea, 15(2); 1 – 7.

Bakker, A. (2018). Discovery learning: zombie, phoenix, or elephant?. Instructional Science, 46(1); 169-183.

Bate'e, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika Sd Negeri 4 Idanogawo. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1); 25 – 37.

Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (SFAE) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Brooks, S., Dobbins, K., Scott, J. J., Rawlinson, M., & Norman, R. I. (2014). Learning about learning outcomes: the student perspective. Teaching in Higher Education, 19(6); 721-733.

Buto, Z. A. (2010). Implikasi Teori Pembelajaran Jerome Bruner dalam Nuansa Pendidikan Modern. Millah: Jurnal Studi Agama, 10; 55-69.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran tipe group investigation (GI) dan cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan kreativitas berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3); 217-230.

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2); 1469-1479.

Day, T. (2012). Undergraduate teaching and learning in physical geography. Progress in Physical Geography, 36(3); 305-332.


Dewi, N., & Riandi, R. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Sains Siswa SMP Kelas VII Di Kota Sukabumi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Tema Pemanasan Global. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4(1); 151 - 156.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1); 85-99.

Fithriyah, I., Sa'dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D SMPN 17 Malang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 580-590.

Gojkov, G., Stojanović, A., & Rajić, A. G. (2015). Critical thinking of students–indicator of quality in higher education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191; 591-596.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2); 157 – 168.

Handayani, N. N. L. (2020). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif (Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian). WIDYACARYA, 4(2); 10 – 23.

Hilman, I. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Pemetaan Interaktif Google earth untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi SMA. SNIT 2012, 1(1); 35-40.

Huynh, N. T., Solem, M., & Bednarz, S. W. (2015). A road map for learning progressions research in geography. Journal of Geography, 114(2); 69-79.

Ikhsan, F. A., Kurnianto, F. A., & Apriyanto, B. (2019). Pendekatan Pembelajaran Riset Pendidikan Lingkungan. Jurnal Geografi Geografi dan Pengajarannya, 17(1); 37-54.

Ikhsan, F. A., Kurniawan, F. A., Apriyanto, B., & Nurdin, E. A. (2017). Upaya Peningkatan Kompetesi Profesionalisme Guru IPS Di Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2); 14-23.

Ilhan, A., & Gülersoy, A. E. (2019). Discovery learning strategy in geographical education: A sample of lesson design. Review of International Geographical Education Online, 9(3); 523-541.

Indarti, W. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Geografi Interpretasi Citra Melalui Discovery Learning Dengan Google Earth. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 8(1); 62 – 69.

Isnaini, N. (2018). Komparasi Penggunaan Media Google Earth Dengan Peta Digital Pada Materi Persebaran Fauna Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 12(1); 52-61.

Khafid, S. (2019). Pengembangan desain pembelajaran geografi dengan pendekatan konstruktivistik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1); 01-12.

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3); 402-413.


Kumalawati, R., Riadi, S., & Febriyan, G. M. S. (2020). Pemanfaatan Data Geospasial dalam Proses Pembelajaran Geografi Pada Kondisi Bencana Covid-19. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 1(1); 20-29.

Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019). RICOSRE: A Learning Model to Develop Critical Thinking Skills for Students with Different Academic Abilities. International Journal of Instruction, 12(2); 417-434.

Ningsih, W. I., Muchtar, I., & Rahayu. (2014) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) dalam Pembelajaran PKN Pokok Bahasan Organisasi Kelas VA di SDN Jember Kidul 04. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1); 1 – 5.

Ningtias, L. W., & Subiki, S. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pembelajaran IPA Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2); 170-176.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran “Sesuai Kurikulum 2013”. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 21(1); 59-69.

Oktavianto, D. A. (2019). Penggunaan Google Earth Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Bentang Alam. Jurnal TEKNODIK, 23(1); 1 – 14.

Orr, C. (2016). Using Discovery Learning Pedagogies. Teachers' Work, 13(1); 8-21.

Pabalik, W., Zulfadli, M., & Sumpala, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Google Earth untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas VIIE SMP YPPK Santo Don Bosco Fakfak Papua Barat. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1); 251-262.

Piawa, C. Y. (2010). Building a test to assess creative and critical thinking simultaneously. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2); 551-559.

Prasetya, S. P. (2018). Effect of learning media variation to increase interest and learning outcomes of geography. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 212; 558 - 561.

Prasetyana, S. D., Sajidan, S., & Maridi, M. (2015). Pengembangan model pembelajaran discovery learning yang diintegrasikan dengan group investigation pada materi protista kelas X SMA Negeri Karangpandan. Inkuiri, 4(2); 135-148.

Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2013). Implementasi model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1); 80-88.

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2); 91-94.

Santoso, A., Mujib, M. A., & Astutik, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 6(2), 152-162.

Sapitri, U. E., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi kalor. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2); 64-66.

Saputri, I., Buwono, S., & Christanto, L. M. H. (2020). Pengaruh Google Earth Pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(7); 1 – 10.

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1); 24-39.

Sarigoz, O. (2012). Assessment of the high school students’ critical thinking skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46; 5315-5319.

Selviana, Y., Sutarto, S., & Supeno, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation-Guided Inquiry pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 6(1); 87-94.

Silviariza, W. Y., & Handoyo, B. (2021). Improving Critical Thinking Skills of Geography Students with Spatial-Problem Based Learning (SPBL). International Journal of Instruction, 14(3); 133-152.

Sulistyowati, N., Widodo, A. T. W. T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Chemistry in education, 1(2); 49 – 55.

Suryani, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SMP dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis melalui Supervisi Akademik. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(4); 773-781.

Susiati, A., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). Kajian Pendekatan Saintifik Buku Siswa Geografi SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8); 1505-1511.

Thoyibah, A. W., Indrawati, I., & Harijanto, A. (2017). Implementasi Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Momentum Dan Impuls Di MAN. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3); 263-269.

Utami, W. S., Ruja, I. N., & Utaya, S. (2016). The Effectiveness of Geography Student Worksheet to Develop Learning Experiences for High School Students. Journal of Education and Learning, 5(3); 315-321.

Yulianawati, R., Sutarto, S., & Budiarso, A. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2); 57-68.


Yunita, S., Rohiat, S., & Amir, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang. Alotrop, 2(1); 33 – 38.

Yushardi, Y., Asiyah, N., & Prihandono, T. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Disertai Media Animasi 3D. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2); 178-184.

Yushardi, Y., Nasirotul’Uma, Z., & Indrawati, I. (2017). Model GI-GI (Group Investigation-guided Inquiry) Dalam Pembelajaran Elastisitas Di SMA (Studi Pada Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2); 144-150.

Yushardi, Y., Ningsih, S. T. R., & Indrawati, I. (2017). Implementasi Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Gerak Melingkar Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4); 333-339.

Yushardi, Y., Susanti, E. D., &., Indrawati, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA (Studi Pada Kelas X MIA SMAN Arjasa Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3); 255-260.

Yushardi, Y., Timur, D. A. C., & Supriyadi, B. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Scientific Approach Berbantuan Virtual Laboratory Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2); 73-79.
Published
2023-11-30
How to Cite
KURNIAWAN, Adi et al. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 186-200, nov. 2023. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/43426>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i2.43426.
Section
Articles