Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Social Ourdoor Study Terhadap Keterampilan Observasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA

  • Nimas Puspo Retno Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Elan Artono Nurdin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Bejo Apriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Muhammad Asyroful Mujib Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Penelitian didasarkan dengan adanya permasalahan  kurang maksimalnya keterampilan observasi dan hasil belajar geografi yang disebabkan karna model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran project based learning berbasis sosial outdoor study  merupakan model pembelajaran yang menekankan pembelajaran diluar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sosial masyarakat sebagai objek pembelajaran dengan melaksanakan kegiatan observasi dan menghasilkan sebuah proyek yang dapat mengoptimalkan keterampilan observasi dan hasil belajar geografi. Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh model project based learning berbasis social outdoor study terhadap keterampilan observasi dan hasil belajar geografi. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk quasi eksperiment dengan desain posttest-only control design yang dilaksanakan di SMA Negeri Umbulsari. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan memanfaatkan software SPSS 23 yang dihasilkan nilai  sig. keterampilan observasi 0,035 (>0,05) dan hasil belejar geografi 0,001 > (0.05) yang artinya adanya pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran project based learning berbasis social outdoor study terhadap keterampilan dan hasil belajar siswa geografi.

References

Hindriyanto, R., Utaya, S., dan Utomo, D.W.2019. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemamp- uan Pemecahan Masalah Geografi. Jurnal Pendidikan.4(8) : 1092 -1096.

Aisya dan Rosnita.2021. Pengaruh Project Based Learning Pada Materi Sistem Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siwa. Jurnal Biolokus : Jurnal Penelitaian Pendidikan Biologi. 4(1) : 14-19.

Astutik, S., Susantini, E., Madlazim, Nur, M., dan Supeno. 2020. The Effectiveness of Collaborative Creativity Learning Models (CCL) on Secondary Schools Scientific Creativity Skills. International Journal of Instruction. 13(3):525-538

Cendikia, M. R., Astutik, S., Pangastuti, E. I., Kurnianto, F. A., & Apriyanto, B. (2023). Kontribusi Pengetahuan Lingkungan Hidup terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas XII IPS Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(1), 30-35.

Eka, T.P., dan Eunice, W.S. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis SD Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu. 4 (2) : 379-388.

Dywan, A. A., dan Airlanda, G.S.2020. Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Dan Tidak Berbasis STEM Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu.4 (2) : 344-354.

Ifa, H., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Kurnianto, F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 88-104.

Niswara, R., Muhajir, dan Untari, M.F.A,.2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha. 7 (2) : 85 – 90

Nurdin, E.A., Apriyanto, B., Ikhsan, F.A., dan Kurnianto, F.A,. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. 11(2): 1-7

Fatchan, A., Ruja, I.N., dan Lestari, D.P. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Pengembangan. 1(3) : 475 – 479.

Juhji.2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendidikan Inkuri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran. 2 (1) : 65.

Harizah, D.T.D., Sumarmi, dan Bachri, S.2021. Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 6 (5) : 767-771.

Septarianto, M. F., Astutik, S., Kurnianto, F. A., Kantun, S., & Pangastuti, E. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa. Majalah Pembelajaran Geografi, 5(2), 69-81.


Susilawati, S.A., dan Sochiba, S.L. 2022. Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran geografi: Systematic Review. Jurnal Pendidikan Geografi. 27 (1) : 51-62.
Published
2023-11-30
How to Cite
RETNO, Nimas Puspo et al. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Social Ourdoor Study Terhadap Keterampilan Observasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 166-174, nov. 2023. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/41748>. Date accessed: 21 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i2.41748.
Section
Articles