Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA

  • Fitrady Wicaksana Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Muhammad Asyroful Mujib Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Era Iswara Pangastuti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Setiap individu memiliki keinginan untuk meningkatkan potensi dan kualitas diri yang dapat dicapai melalui proses pendidikan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreatifitas berpikir siswa bisa dengan dilakukan pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning. Kegiatan pembelajaran dengan memberikan permasalahan pada siswa tentunya dapat mendorong siswa dalam memberikan solusi atau keterampilan dalam memecahkan masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa SMA. Terdapat 4 indikator keterampilan pemecahan masalah yakni memahami masalah, menentukan metode untuk menyelesaikan masalah, menyelesaikan masalah, dan pengecekan kembali. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Jember. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menujukkan terdapat satu indikator paling berpengaruh yakni indikator menyelesaikan masalah dengan skor tertinggi mencapai 90 dan persentase ketercapaian 80%. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran geografi SMA.

References

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Astutik, S., Susantini, E., & Nur, M. (2020). The Effectiveness of Collaborative Creativity Learning Models (CCL) on Secondary Schools Scientific Creativity Skills. International Journal of Instruction, 13(3), 525-538.

Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. (2018). Peran PBL dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah biologi. SAINSMAT" Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 7(2), 114-124.

Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1-14.

Hidayatulloh, R., Suyono, S., & Azizah, U. (2020). Analisis keterampilan pemecahan masalah siswa sma pada topik laju reaksi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1899-1909.

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi pembekalan keterampilan abad 21 pada aspek keterampilan pemecahan masalah siswa sma kota bengkulu dalam mata pelajaran fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 25-32.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

Lasaiba, M. A., & Arfa, A. M. (2023). Hubungan Kesiapan Mandiri, Kreativitas Belajar dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7 (3), 415-422.

Maryati, I., & Monica, V. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri dalam Kemampuan Representasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 333-344.

Mauludiyah, A., Wirahayu, Y. A., Budijanto, B., & Suharto, Y. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah Geografi untuk siswa SMA. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11), 1210-1225.

Memnun, Dilek Sezgin. Hart, Lynn C. Recai Akkaya. (2012). A Research on the Mathematical Problem-Solving Beliefs of Mathematics, Science and Elementary PreService Teachers in Turkey in terms of Different Variables. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 24 [Special Issue – December 2012]

Rahmadani, E., & Sirait, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Septiani, D. E., & Wardhani, S. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 87-92.

Sitepu, S. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Dengan Alur Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Matematika Uhn. Sepren, 1(01), 38-47.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).
Published
2023-12-02
How to Cite
WICAKSANA, Fitrady et al. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 201-207, dec. 2023. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/40322>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i2.40322.
Section
Articles