Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi SMA

  • Binti Rosyida Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Era Iswara Pangastuti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Muhammad Asyroful Mujib Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Pendidikan di Indonesia kini menuntut adanya pembelajaran abad 21 yang didalamnya memuat beberapa keterampilan yang wajib dimiliki peserta didik, satu diantaranya yaitu keterampilan kolaborasi, namun di Indonesia tingkat keterampilan kolaborasi masih terkategori rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperoleh alternatif solusi ialah dengan pengimplementasian model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran geografi SMA. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Jember, jenis penelitian ini berupa kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen serta desain penelitian berbentuk post-test only control group design. Data yang didapatkan melalui angket dilakukan uji pengaruh dengan menerapkan analisis independent sample t-test, hasil pengujian tersebut menunjukkan nilai sig. 0,000. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran geografi SMA. Hal tersebut juga didukung dengan perbedaan skor keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen yang menunjukkan persentase skor lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selain itu tingkat kolaborasi peserta didik kelas eksperimen mendapat klasifikasi kuat sejumlah 37% dan sangat kuat sejumlah 63%.

Published
2023-06-28
How to Cite
ROSYIDA, Binti et al. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 132-140, june 2023. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/38710>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.38710.
Section
Articles