Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kotak Kartu Misterius Digital (E-KOKAMI) Flashcard Quizlet Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Tujuan kegiatan yakni, melakukan pengkajian pengaruh Model (PBL) Berbantuan Media Kotak Kartu Misterius Digital (E-KOKAMI) Flashcard Quizlet terhadap minat dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian quasi experiment, membutuhkan kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagaimana untuk kelas dilakukan uji coba. Kelas eksperimen diberikan perlakuan, sedangkan kelas kontrol metode konvensional. Adapun sintak PBL diantaranya: 1) Orientasi masalah, 2) Mengorganisasi masalah, 3) Melakukan bimbingan penyelidikan investigasi, 4) Pengembagan dan penyajian hasil, dan 5) Melakukan analisis. Materi yang diajarkan dalam penelitian ini, yakni ketahanan pangan, industri, dan energi. Uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan sebelum penelitian ditujukan penentuan sampel. Adapun hasil belajar yang diperoleh dengan rerata pretest kelas eksperimen 61,11 dan 55,4 pada kelas kontrol. Nilai rerata posttest kelas eksperimen 73,888 dan 69,4 pada kelas kontrol. Adapun hasil minat belajar yang diperoleh, rerata pretest kelas eksperimen 75,93 dan 67,4 pada kelas kontrol. Nilai rerata posttest kelas eksperimen 82 dan 76,56 pada kelas kontrol. Perolehan hasil uji t-test minat belajar 0,012 ≤ 0,05 maka berpengaruh. Perolehan hasil nonparametrik hasil belajar 0,446 ≥ 0,05 maka tidak berpengaruh.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.