Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Berbasis Augmented Reality (AR) terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA

  • Diana Fatmawati Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Y Yushardi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Elan Artono Nurdin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Siswa perlu memiliki kemampuan berpikir spasial untuk memudahkan dalam menganalisis permasalahan yang terjadi di suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Berbasis Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Indikator kemampuan berpikir spasial antara lain: comparison, aura, region, hierarchy, transition, analogy, pattern, dan association. Hasil penelitian menggunakan uji T-Test menunjukkan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbasis Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Nilai gain score didapatkan sebesar 0,67 artinya peningkatan kemampuan berpikir spasial berada pada kategori sedang. model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbasis Augmented Reality (AR) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa ditunjukkan dengan hasil nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Published
2023-06-17
How to Cite
FATMAWATI, Diana et al. Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Berbasis Augmented Reality (AR) terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 72-87, june 2023. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/38555>. Date accessed: 14 june 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.38555.
Section
Articles