Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi SMA

  • Zulvi Nabilla Setya Dewi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Elan Artono Nurdin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Fahmi Arif Kurnianto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Bejo Apriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Pada saat ini kecerdasan emosional perannya dalam dunia pendidikan belum optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun penerapan model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran geografi ialah model pembelajaran problem solving yang menjadi alternatif solusi. Tujuannya untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kecerdasan emosional peserta didik pada pembelajaran geografi SMA. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember, jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain penelitian post-test only control group design. Analisis data pada uji T-test, data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil post-test berupa angket kecerdasan emosional peserta didik menunjukkan angka sig 0,000. Kesimpulan penelitian ini bahwa model pembelajaran problem solving berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan emosional peserta didik pada pembelajaran geografi SMA, yang dibuktikan dengan nilai persentase rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

References

Aljihadi, R. S. A., Aslamiyah, S. S., Fahruddin, A. H., dan Muflich, M. F. (2022). Pola Pembinaan Sikap Tawadhu' Peserta Didik di MA Matholiul Anwar Simo Lamongan. Akademika, 16(2), 114-126.

Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 4(1), 1-6.

Astutik, S., dan Lu'luul, M. (2022). The Effect of Cosheet Strategy-Based on Collaborative Creativity Learning on Energy Literation Ability and Physics Learning Outcome. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 11(2), 180-192.

Birahi, M., Wattimena, A. Z., Lewaherilla, N., dan Latupeirissa, S. J. (2022). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Uji Mann Whitney dan Wald Wolfowits. Parameter: Jurnal Matematika, Statistika dan Terapannya, 1(1), 60-67.

Dewi, S., Nurhasanah, N., Hadi, H., dan Agustina, S. (2021). Studi Kelayakan Kebun Raya Lemor sebagai Laboratorium Alam untuk Pembelajaran Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(2), 291-302.

Hartini, T. I., dan Martin, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Sistematis terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar 2 Materi Listrik Arus Searah pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 163-174.

Jumrawarsi, J., dan Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50-54.

Kiik, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Geografi Zaman Now. Lalian: Guepedia.
Latif, A., dan Safitri, I. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Eduscience (JES), 7(2), 1-9.

Listyarini, A. D., dan Nyumirah, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Ajar Keperawatan Komunitas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 7(2), 103-113.

Maftukhah, N. A. (2019). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(2), 1-10.

Munir, M. M. (2019). Sikap Tawadhu’Siswa SMP terhadap Guru Pada Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Dusun Wadang Tempel Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Spiritualita, 3(2), 217-238.

Munira, J., Yusrizal, Y., dan Safitri, R. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 40-45.

Nurdiansyah, A., Farhan, M., dan Megawanti, P. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(2), 174-180.

Nurdin, E. A., Apriyanto, B., Ikhsan, F. A., dan Kurniawan, F. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share Ditinjau dari Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 1-7.
Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., Kurnianto, F. A., dan Apriyanto, B. (2017). Application of Contextual Teaching Learning to Learning Results in Understanding the Life Environment in SMP Negeri 2 Sukodono. Geosfera Indonesia, 1(1), 1-7.
Nurdin, E. A., Pangastuti, E. I., Puji, R. P. N., Surya, R. A., dan Adni, K. R. N. (2021). Implementation of the Use of Project-Based Learning Models in the Application of Online Geography Learning Strategies. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1), 1-9.

Pramono, A., Tama, T. J. L. G., dan Waluyo, T. (2021). Analisis Arus Tiga Fasa Daya 197 Kva Dengan Menggunakan Metode Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Jurnal Resistor (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 213-216.

Riduwan. (2018). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sulastyaningrum, R., Martono, T., dan Wahyono, B. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2), 1-19.
Published
2023-03-27
How to Cite
DEWI, Zulvi Nabilla Setya et al. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 62-71, mar. 2023. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/38529>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.38529.
Section
Articles