Wacana Humor Pada Akun Youtube Stand Up Kompas TV Dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Ajar Teks Anekdot Di Kelas X SMA

  • Stella Renita Siahaan Universitas Jember
  • Anita Widjajanti Universitas Jember
  • Ahmad Syukron Universitas Jember

Abstract

Melalui sebuah video stand up comedy yang diunggah ke dalam kanal Youtube, kritik dikemas dengan gaya humor yang menarik perhatian penonton. Umumnya, kritik memuat keresahan, isu-isu, fenomena aktual yang ada di masyarakat. Kritik yang disampaikan melalui stand up comedy dikemas dengan permainan kata yang membuat penonton dapat menerima pesan secara ringan namun tetap bermakna. Hasil dari penelitian ini kemudian dimanfaatkan sebagai alternatif materi ajar menganalisis kaidah kebahasaan teks anekdot dan menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan teks anekdot. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan topik, struktur, prinsip humor, dan pemanfaatan prinsip humor sebagai alternatif materi ajar teks anekdot. Rancangan penelitian yakni kualitatif  dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah analisis wacana dan pragmatik. Data dalam penelitian ini berupa tuturan stand up comedy yang ada dalam video akun Youtube Stand Up Kompas TV dengan viewers/penonton di atas 100 ribu pada tahun 2020-2023 yang dipilih sesuai dengan kebutuhan rumusan masalah. Sumber data adalah video yang terdapat dalam akun Youtube stand up kompas TV. Teknik pengumpulan data adalah Teknik dokumentasi (Simak-catat) dan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Published
2024-05-10
How to Cite
SIAHAAN, Stella Renita; WIDJAJANTI, Anita; SYUKRON, Ahmad. Wacana Humor Pada Akun Youtube Stand Up Kompas TV Dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Ajar Teks Anekdot Di Kelas X SMA. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 43-58, may 2024. ISSN 2985-4504. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/45870>. Date accessed: 20 june 2024. doi: https://doi.org/10.1505/linsko.v3i1.45870.