Kajian Poskolonial dalam Novel Babad Kopi Parahyangan Karya Evi Sri Rezeki dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMA

  • Nafisah Misgiarti Universitas Jember
  • Akhmad Taufiq
  • Fitri Nura Murti

Abstract

Kajian poskolonial digunakan untuk menyingkap sejarah kolonialisme dan mengkaji sebuah relasi yang tidak setara dalam suatu sistem masyarakat. Penelitian ini membahas tentang praktik dominasi dan resistensi golongan subaltern dalam novel Babad Kopi Parahyangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif interpretatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah novel BKP karya Evi Sri Rezeki, artikel, jurnal, dan buku yang berkaitan dengan sejarah tanam paksa, dan silabus kurikulum 2013 revisi 2018 pada tingkat SMA kelas XII. Data penelitian ini berupa kutipan peristiwa dalam bentuk kata-kata, kalimat, dan paragraf yang mengindikasikan adanya dominasi dan resistensi kaum subaltern dalam novel BKP. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan data yang diperoleh, praktik dominasi golongan superior terhadap golongan subaltern dalam novel BKP yaitu dominasi politik dan ekonomi. Resistensi yang dilakukan oleh golongan subaltern yaitu resistensi aktif dan pasif. Dominasi ekonomi yang dilakukan pihak superior dilakukan berdasarkan konsensus karena golongan subaltern menyadari praktik dominasi ekonomi yang dialami, tetapi masih belum memiliki keinginan kuat untuk melawan. Semua tindakan resistensi aktif dilakukan secara terencana dan berhasil memberikan dampak nyata. Resistensi pasif dalam novel BKP berupa rasa dendam serta keinginan untuk merdeka dan melawan sebagai bentuk pertahanan identitas diri.

Published
2024-05-10
How to Cite
MISGIARTI, Nafisah; TAUFIQ, Akhmad; MURTI, Fitri Nura. Kajian Poskolonial dalam Novel Babad Kopi Parahyangan Karya Evi Sri Rezeki dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMA. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 59-69, may 2024. ISSN 2985-4504. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/44118>. Date accessed: 20 june 2024. doi: https://doi.org/10.1505/linsko.v3i1.44118.