PERSPECTIVE OF RICE AGRIBUSINESS MANAGERIAL IN JEMBER REGENCY

  • Aditya Wardhono

Abstract

Performasi agribisnis padi/beras pada sektor pertanian merupakan subsektor dominan di Kabupaten Jember. Meski sebenarnya terjadi indikasi penurunan area pengusahaannya yaitu   131.522 ha pada 2003, dari 141.880 ha pada tahun  2002. Namun demikian produksi beras masih dapat dipertahankan dan masih memiliki kecenderungan meningkat. Daya tarik usaha tani padi tidak saja pada ruang produksi namun juga tatanan bisnis yang terjadi hingga pada konsumen akhir. Secara tegas tulisan ini bertujuan untuk: (1)   untuk mendapatkan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi entrepreneur dan pemahaman manajerial para pelaku bisnis usaha tani padi/beras. (2) untuk menemukan bekerjanya mekanisme saluran distribusi agribisnis beras dari petani hingga pedagang eceran. Penelitian ini dilakukan pada 9 desa dengan 85 responden di Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman responden petani terhadap konsep manajerial agribisnis adalah rendah. Sementara itu pelaku agribisnis memiliki kecenderungan melakukan bisnisnya secara tradisional dan bersifat sosial kekeluargaan. Tidak terdapat kaitan yang jelas terhadap peluang masuk dalam pasar antara pedagang besar dengan pedagang eceran.

Published
2008-11-01
How to Cite
WARDHONO, Aditya. PERSPECTIVE OF RICE AGRIBUSINESS MANAGERIAL IN JEMBER REGENCY. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), [S.l.], v. 2, n. 3, p. 28-34, nov. 2008. ISSN 2356-2382. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JSEP/article/view/429>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.