Evaluasi Tekno Ekonomi Proyek Automated People Mover System Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta
Techno-Economic Evaluation of the Automated People Mover System Project at Soekarno-Hatta International Airport
Abstract
Abstrak
Pertumbuhan jumlah Penumpang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, maka peningkatan kapasitas menjadi tantangan bagi penyelenggara Bandar Udara, diantaranya dengan menambah jumlah sub terminal, yaitu: terminal 1, terminal 2 dan terminal 3. diharapkan mampu menjawab persoalan tersebut, namun dengan bertambahnya jumlah sub terminal mobilitas penumpang menjadi permasalahan operasional baru yang harus diselesaikan karena perpindahan tersebut menimbulkan potensi terjadinya hambatan lalu lintas dan menyebabkan penumpang terlambat. untuk mengatasi permasalahan tersebut, Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta berinovasi melakukan pengembangan Infrastruktur yang dapat memberikan sistem layanan transportasi terpadu, dedicated sehingga prioritas mobilitas penumpang dapat terlayani dengan baik. Penyelenggaraan APMS merupakan sistem layanan penunjang konektivitas antarmoda dan antar sub terminal, biaya penyelenggaraannya membutuhkan biaya cukup besar yakni biaya investasi dan biaya operasional hal ini menjadi permasalahan besar karena Pembebanan biaya operasional tidak secara langsung melainkan dibebankan melalui pendapatan pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) / Passenger Service Charge (PSC), sejak masa pandemi corona virus disease (covid - 19) pendapatan tersebut mengalami penurunan. Penelitian bertujuan melakukan evaluasi tekno ekonomi terhadap Proyek Automated People Mover System dengan melakukan perhitungan seperti Internal Return Rate, Net Present Value, Return On Investment, dan Pay Back Period, Hasil penelitian dinyatakan layak karena memberikan manfaat sosial.
Kata kunci: Automated People Mover System, Net Present Value, Internal Return Rate, Benefit Cost Ratio, Pay Back Period, Return On Investment
References
Arga, K., Susetyo, B., & Syafwandi, S. (2020). Feasibility Study Of A Railway Construction Project As Intermodal Transportation In Tanjung Perak Port. Sinergi, 25(1), 59. Https://Doi.Org/10.22441/Sinergi.2021.1.008
Berawi, M. A., Susantono, B., Dikun, S., Ilyas, T., Rahman, H. Z., Boy Berawi, A. R., Zagloel, T. Y., Miraj, P., & Petroceany, J. S. (2015). Development Of The Soekarno–Hatta International Airport Rail Link Project Using The Value Engineering Method: Creating Value For Money. Makara Journal Of Technology, 18(3), 109. Https://Doi.Org/10.7454/Mst.V18i3.2952
Kurnia, G., Johanes, H., Hidayat, D., Rozha, A., Zahvira, M., & Sukarno, I. (2020). Improving Airport On-Time Performance Using Kepner-Tregoe Problem-Solving Approaches. In Jurnal Teknologia Aliansi Perguruan Tinggi (Aperti) Bumn (Vol. 3, Issue 1).
Laurensia Fernandez, R., Azis, S., & Iskandar, T. (2018). Financial Feasibility Analysis Of Terminal Construction Project At Motaain Checkpoint Crossing In Belu Regency. In International Journal Of Scientific Engineering And Science (Vol. 2, Issue 10). Http://Ijses.Com/
Masyita, D., & Ahmad Faisal, Y. (2021). Feasibility Analysis For Investment Of Cargo Village Development In Soekarno-Hatta International Airport Universitas Padjadjaran (1) (2) (3). 18(2). Http://Journal.Undiknas.Ac.Id/Index.Php/Magister-Manajemen/
Pamursari, N., & Agneshia Putri, A. (2020). Analisa Kelayakan Finansial Kereta Bandara Udara Internasional Radin Inten II Lampung Selatan Dengan Pembangunan Double Track (Vol. 7, Issue 3). Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Cived/Index
Fatchurrivan, Tri Istiantara, D., & Ary Putra, I. (2021). Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi Ke-24 Universitas Indonesia-Universitas Pembangunan Jaya. Http://Railtravelstation.Com,2019
Purnomo, A., & Ariestino, A. (2021). Penyusunan Standar Operasional Prosedur Perawatan Harian Dan Bulanan Pada Sarana Lokomotif Cc 300 Di Balai Perawatan Perkeretaapian Ngrombo (Vol. 12, Issue 2). Http://Jurnal.Ptdisttd.Net/Index.Php/Jpsttd/Index
Putra, H., Nazaruddin, Y., & Juliastuti, E. (2019). Application Of Sensor Fusion For Determining Position And Velocity Of Automated People Mover System At Soekarno-Hatta Airport With Extended Kalman Filter.
Santoso, A. (2020). Warta Ardhia Jurnal Perhubungan Udara Analisis Potensi Pendapatan Bandar Udara Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus: Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Potential Revenue Aanalysis Of Airport During Covid-19 Pandemic Case Study : Soekarno-Hatta International Airport Agus Santoso. Warta Ardhia, 46(2), 96–109. Https://Doi.Org/10.25104/Wa.V
Santoso, S., Astriandari, J., Maulana, T., Ramadhan, A., & Sumantri, D. (2022). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Mengetahui Kriteria Minat Masyarakat Terhadap Penggunaan Automated People Mover System. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, 7(3), 161. Https://Doi.Org/10.36722/Sst.V7i3.1242
Suropati, H. (2022). Peramalan Pasar Transportasi Udara Domestik Indonesia Pascapandemi Covid-19. In Desember (Vol. 22, Issue 3).
Syarifudin, Putra, David, & Malaiholo. (2021). Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi Ke-24 Universitas Indonesia-Universitas Pembangunan Jaya.
Wasanta, T., Samuel, H., Gultom, A., Rahman, H., & Hadi, P. L. (2021). Usulan Sirkulasi Lalu Lintas Di Kawasan Bandara Internasional Soekarno Hatta (Vol. 7, Issue 1).