Evaluasi Sistem Penyediaan Air Minum di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima

Evaluation Water Supply System of Rasanae Timur District In Bima City

  • Ansyhari Ansyhari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Wahyono Hadi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Abstract

Pasca bencana banjir bandang menimbulkan kerusakan pada infrastruktur khususnya untuk PDAM  Bima. Kerusakan tersebut meliputi bangunan pengambil air baku dan jaringan pipa yang termasuk pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Raba - Bima. Kecamatan Rasanae Timur salah satu kecamatan yang terdampak dari kerusakan infrastruktur pasca bencana banjir bandang. Perlu adanya analisa kondisi eksisting sistem penyediaan air minum di Kecamatan Rasanae Timur dan ketersediaan air baku.


Analisa dalam penelitian ini menggunakan analisa dengan data sekunder dari instansi terkait dan data primer berupa survey lapangan. Selain itu digunakan analisa dengan menggunakan program EPANET untuk rencana perbaikan SPAM. Hal yang sama dilakukan untuk kajian ketersediaan air baku. Analisa data untuk ketersedian air baku dengan neraca ketersediaan – kebutuhan air menggunakan indeks kekritisan air dan menggunakan matriks perbandingan proyeksi ketersediaan air baku dan kebutuhan air dari tahun 2017 hingga tahun 2030.

Author Biographies

Ansyhari Ansyhari, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Jurusan Magister Teknik Lingkungan
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Wahyono Hadi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Jurusan Magister Teknik Lingkungan
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Published
2021-02-26
How to Cite
ANSYHARI, Ansyhari; HADI, Wahyono. Evaluasi Sistem Penyediaan Air Minum di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima. Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 153-163, feb. 2021. ISSN 2548-9518. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JRSL/article/view/13375>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jrsl.v4i2.13375.