HUBUNGAN ANTARA KONSEPSI BELAJAR-MENGAJAR DAN KECENDERUNGAN BELAJAR SEPANJANG HAYAT DIMEDIASI KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

  • Fatma Inayatul Kholisoh Universitas Sebelas Maret
  • Kristiani Kristiani Universitas Sebelas Maret
  • Leny Noviani Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali hubungan antara konsepsi belajar-mengajar dan kecenderungan belajar sepanjang hayat yang dimediasi kesiapan belajar mandiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional, pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada populasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan tahun 2019, 2020, dan 2021 sebanyak 317 dan subjek penelitian sebanyak 177. Teknik pengambilan sampel dengan proportioned random sampling. Pengukuran dilakukan terhadap konsepsi belajar-mengajar, kesiapan belajar mandiri, dan kecenderungan belajar sepanjang hayat. Analisis statistik menggunakan metode regresi dan analisis jalur untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara konsepsi belajar-mengajar konstruktivis dan kesiapan belajar mandiri (2) konsepsi belajar-mengajar tradisional memiliki hubungan positif dengan kesiapan belajar mandiri (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsepsi belajar-mengajar konstruktivis terhadap kecenderungan belajar sepanjang hayat (4) terdapat hubungan positif yang rendah antara konsepsi belajar-mengajar tradisional dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecenderungan belajar sepanjang hayat (5) antara kesiapan belajar mandiri dan kecenderungan belajar sepanjang hayat terdapat hubungan positif dan signifikan. Hasil uji sobel kesiapan belajar mandiri dapat memediasi pada hubungan antara konsepsi belajar-mengajar konstruktivis dan kecenderungan belajar sepanjang hayat berbeda dengan hubungan antara konsepsi belajar-mengajar tradisional dan kecenderungan belajar sepanjang hayat, peran kesiapan belajar mandiri tidak dapat memediasi dengan hasil nilai t hitung 0,943 < 1,973. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kesiapan belajar mandiri dapat memediasi antara hubungan konsepsi belajar-mengajar konstruktivis dan kecenderungan belajar sepanjang hayat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-06
How to Cite
KHOLISOH, Fatma Inayatul; KRISTIANI, Kristiani; NOVIANI, Leny. HUBUNGAN ANTARA KONSEPSI BELAJAR-MENGAJAR DAN KECENDERUNGAN BELAJAR SEPANJANG HAYAT DIMEDIASI KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 375-384, dec. 2023. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/43387>. Date accessed: 30 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.43387.