EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MAHIR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA UNTUK KELAS X AKL DI SMK NEGERI DARUL ULUM MUNCAR BANYUWANGI

  • Septin Bilkhis Silviana Universitas Jember
  • Tiara Tiara Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Mahir Akuntansi pada Kompetensi Dasar Laporan Keuangan Perusahaan Jasa untuk siswa kelas X AKL di SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Subjek uji coba dilakukan pada 34 siswa kelas X AKL 1 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas X AKL 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen soal pada penelitian ini yaitu s pilihan ganda sejumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Selanjutnya hasil belajar siswa dianalisis dengan independent sample t test. Sebelum uji independent sample t test, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji normalitas untuk melihat sebaran nilai hasil belajar X AKL 2 sebagai kelas kontrol dan X AKL 1 sebagai kelas eksperimen. Sedangkan uji homogenitas melihat ada atau tidaknya perbedaan varians antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji tingkat efektivitas. Hasil uji tingkat efektivitas dilihat dari taraf signifikansi yaitu 0,000 < 0,050 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil dari uji efektivitas menyatakan bahwa media pembelajaran Mahir Akuntansi lebih efektif untuk digunakan dalam KD laporan keuangan perusahaan jasa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-26
How to Cite
SILVIANA, Septin Bilkhis; TIARA, Tiara. EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MAHIR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA UNTUK KELAS X AKL DI SMK NEGERI DARUL ULUM MUNCAR BANYUWANGI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 73-78, apr. 2023. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/34592>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v17i1.34592.
Section
Articles