PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MATERI POKOK JURNAL KHUSUS UNTUK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JEMBER

  • Wahyu Eka Meidyanti Mahasiswa
  • Sri Kantun Universitas Jember
  • Wiwin Hartanto Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK menggunakan smartphone pada materi pokok jurnal khusus untuk kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Jember yang menarik dan efektif. Penelitian menggunakan model pengembangan Four – D dari Thiagarajan et al yang terdiri dari tahap define, design, develope. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh tiga orang validator untuk menilai dari segi isi materi, desain media, dan bahasa. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu uji kelompok kecil pada 12 siswa XI Akuntansi 3 dan uji kelompok besar pada 36 siswa XI Akuntansi 1 (kelas kontrol) dan 35 siswa kelas XI Akuntansi 2 (kelas eksperimen). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deksriptif untuk uji tingkat daya tarik media dan uji t untuk tingkat efektivitas. Hasil penelitian membuktikan bahwa media yang dikembangkan dikategorikan sangat menarik baik pada uji kelompok kecil dengan skor 87,66% maupun pada uji kelompok besar dengan skor sebesar 91,66%.  Media pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yang ditunjukkan dengan hasil t hitung lebih dari t tabel yaitu, 9,301 > 3,98 yang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis TIK menggunakan smartphone adalah media pembelajaran yang sangat menarik dan efektif serta mendukung proses pembelajaran mandiri dengan sistem dalam jaringan (daring) dibandingkan media pembelajaran berbasis TIK sebelumnya. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu materi dan kebutuhan sasaran lebih diperluas sehingga dapat dilanjutkan hingga tahap penyebaran (disseminate).


Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran berbasis TIK menggunakan smartphone, jurnal khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Kantun, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wiwin Hartanto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2021-02-28
How to Cite
MEIDYANTI, Wahyu Eka; KANTUN, Sri; HARTANTO, Wiwin. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MATERI POKOK JURNAL KHUSUS UNTUK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 123-129, feb. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/20273>. Date accessed: 19 june 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.20273.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>