PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masya

  • M. saiful Rizal Universitas Jember
  • Sri Kantun Universitas Jember
  • Titin Kartini Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Plus Sunan Drajat Jember pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada siklus I mendapatkan kategori  sedang dengan skor rata-rata sebesar 2,67 meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II dengan skor rata-rata 3,62. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 78,03 dengan ketuntasan klasikal 71,42% menjadi 86,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,86% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Kantun, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Titin Kartini, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-09-19
How to Cite
SAIFUL RIZAL, M.; KANTUN, Sri; KARTINI, Titin. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masya. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 73-77, sep. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/10818>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10818.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>