PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Pengelolaan Kartu Persediaan Barang di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember Ta

  • Westin Mahesti Universitas Jember
  • Sutrisno Djaja Universitas Jember
  • Titin Kartini Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru terhadap pemahaman materi akuntansi (Studi kasus pada siswa kelas XI Akuntansi kompetensi dasar mendiskripsikan pengelolaan kartu persediaan barang di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Tahun Ajaran 2017/2018). Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode populasi yaitu sebanyak 58 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dokumen, dan observasi. Uji instrumen data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektivitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru terhadap pemahaman materi akuntansi (Studi kasus pada siswa kelas XI Akuntansi kompetensi dasar mendiskripsikan pengelolaan kartu persediaan barang di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Tahun Ajaran 2017/2018) yang dapat dilihat dari besarnya Fhitung = 243,826 > Ftabel = 4,013 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Besarnya persentase persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru terhadap pemahaman materi akuntansi sebesar 81,3%. sedangkan sisanya yaitu 18,7% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti, yaitu sikap menghargai terhadap siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Westin Mahesti, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sutrisno Djaja, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Titin Kartini, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-04-21
How to Cite
MAHESTI, Westin; DJAJA, Sutrisno; KARTINI, Titin. PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Pengelolaan Kartu Persediaan Barang di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember Ta. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1-7, apr. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/10410>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10410.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>