Analisis Buku Teks Matematika SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Materi Teorema Pythagoras
Abstract
Penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika, diharapkan agar siswa dapat mempersiapkan diri dengan berbagai kemampuan baik dari dimensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang berkembang untuk partisipasi dalam masyarakat, bangsa, dan negara.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang terdapat pada buku siswa dan guru yang dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyempurnaan buku matematika siswa SMP/MTs kurikulum 2013 edisi Revisi 2017 khususnya materi teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian berdasarkan standar Instrumen analisis buku siswa/guru oleh Kemendikbud. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan yang dikumpulkan dari 3 orang penilai, yaitu peneliti dan 2 orang guru matematika. Hasil penelitian ini yaitu terdapat beberapa perbedaan antara isi dari buku siswa dan guru yaitu pada kelengkapan komponen sistematika pada indikator pengayaan. Pada buku siswa dan buku guru juga terdapat kekurangan dan kelebihan di setiap indikator.
References
Murniati, S., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kesesuaian Materi Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). 177-188.
Permendiknas 2009 No. 22, Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Kelas I-VI.
Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2017). Analisis Buku Matematika Siswa Smp Kurikulum 2013. Mosharafa, 6(2), 229-236.
Widyaharti, M. S., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Untuk Kelas X Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. Kadikma, 6(2), 173-184.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.