Analisis Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo dalam Menyelesaikan Soal Matematika

  • Ditia Puspita Dewi Universitas Jember
  • Susanto Susanto Universitas Jember
  • Titik Sugiarti Universitas Jember
  • Muhammad Habib Munir SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi matematis siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X RPL SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menulis berada pada kategori sedang. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa bervariasi yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Siswa dengan kemampuan komunikasi tinggi, 1 dari 4 siswa yang melakukan wawancara telah memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang, 2 dari 4 siswa yang melakukan wawancara telah memenuhi indikator menulis simbol matematika dan tanda baca, serta mampu menyajikan pemecahan masalah dalam bentuk grafik, namun terbatas pada indikator menulis gagasan dan masalah dalam pembelajaran bentuk kalimat matematika.


Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, sistem persamaan linier, siswa sekolah menengah kejuruan

Published
2021-07-09
How to Cite
DEWI, Ditia Puspita et al. Analisis Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 188-194, july 2021. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/24402>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24402.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.