Etnomatematika pada Riasan dan Atribut Bagian Kepala Paes Ageng sebagai Paket Tes Siswa
Abstract
Pendidikan merupakan proses perubahan sikap dan perilaku yang diatur menurut kurikulum. Kurikulum memuat beberapa materi pelajaran salah satunya matematika. Namun sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatemi pada rias wajah dan atribut kepala paes ageng yang dilakukan oleh mempelai wanita di Desa Blambangan Muncar Banyuwangi dan menjadikannya paket tes siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada riasan dan atribut penampang kepala paes ageng yang meliputi konsep bangun datar dan konsep transformasi geometri. Konsep sosok ceper muncul dalam bentuk atribut dan tata rias pengantin. Konsep transformasi geometri tampak pada peletakan atribut paes ageng. Hasil penelitian ini akan menjadi paket tes siswa.
Kata kunci: Etnomatematika, Paes Ageng, Paket Tes Siswa
References
Burger, W. F., dan Shayghnessy, J. M. (1986). Characterizing the Van Hiele levels of development in geometry. Journal for Research in Mathematics Education, 171: 31–48.
D’Ambrosio, U. (2006). Ethnomathematics: Link between Traditions and Modernity. Rotterdam: Sense Publishers.
Harsya, I., dan Ernawaty. (2017). Implementasi Peratutan Daerah Nomor 21 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurnal UNRI. 41: 1–13.
Krisnawati, Y. (2017). Kajian Etnomatematika Terhadap Tradisi Pernikahan Yogyakarta oleh Masyarakat di Kecamatan Minggir, Sleman, DIY, dalam Rangka Penentuan Aspek-Aspek Matematis yang Dapat Digunakan dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Sanata Dharma.
Marshall, C., dan G. Rossman. (1995). Designing Qualitative Research. California: Sage Publication, Inc.
Maure, P. O., dan G. P. Ningsi. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Caci Masyarakat Mangarai Nusa Tenggara Timur. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. 9 Desember 2017: 340–347.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rahmani, P. A., Susanto, L. A. Monalisa,, Hobri, R. P. Murtikusuma. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Ritual Seblang Olehsari Terhadap Konsep Geometri. Jurnal UNEJ. 9(2). 43: 108-117.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi Pertama. Yogya: Graha Ilmu.